Analisis Keterkaitan Jalur Distribusi Industri Gula dengan Menggunakan Metode Input Output

NurID, Riski (2013) Analisis Keterkaitan Jalur Distribusi Industri Gula dengan Menggunakan Metode Input Output. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model jalur distribusi industri gula terdiri atas kegiatan petani tebu, pengepul tebu, penggiling tebu dan distributor. Pada penelitian ini, model jalur distribusi industry gula dianalisis dengan menggunakan metode input output. Analisis tersebut digunakan untuk mengetahui keterkaitan ke depan ( Forward Linkages ) dan keterkaitan ke belakang ( Backward Linkages ) antar sektor dalam jalur distribusi industri gula. Melalui keterkaitan tersebut dapat ditentukan sektor kunci ( key sector ) yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan sektor-sektor yang lain. Hasil analisis dari model menunjukkan bahwa indeks keterkaitan ke belakang ( Backward Linkages ) yang tinggi dimiliki oleh kegiatan pengepul (1,4630) dan distributor (1,0739), sedangkan indeks keterkaitan ke belakang ( Backward Linkages ) yang rendah dimiliki oleh kegiatan petani (0,7319) dan kegiatan penggiling (0,7313). Sementara itu, indeks keterkaitan ke depan ( Forward Linkages ) yang tinggi dimiliki oleh kegiatan petani (1,4631) dan penggiling (1,0738), sedangkan indeks keterkaitan ke depan ( Forward Linkages ) yang rendah dimiliki oleh kegiatan pengepul (0,7320) dan kegiatan distributor (0,7311). Dari hasil analisis model terlihat bahwa tidak ada kegiatan yang memiliki keterkaitan ke belakang ( Backward Linkages ) dan keterkaitan ke depan ( Forward Linkages ) yang tinggi sehingga tida ada sektor kunci ( key sector ) dalam jalur distribusi industri gula. Selanjutnya, pada model jalur distribusi industri gula dilakukan penggabungan kegiatan petani dan pengepul. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggabungan kegiatan petani dan pengepul memiliki indeks keterkaitan ke belakang ( Backward Linkages ) dan indeks keterkaitan ke depan ( Forward Linkages ) yang tinggi, yaitu masing-masing sebesar 1,47607 dan 1,47624. Hal ini memberikan hasil yang lebih baik karena penggabungan kegiatan petani dan pengepul menjadi sektor kunci ( key sector ) yang sangat besar peranannya untuk mendorong perkembangan seluruh kegiatan dalam jalur distribusi industri gula.

English Abstract

model of sugar industry distribution channel consists of sugarcane farmers, suppliers, millers and distributors. In this research, we analyze distribution channel of sugar industry model using input-output method. analysis is used to know Backward Linkages and Forward Linkages of intersector. linkages can indentify key sector that have big influence on development of o r sectors. result of model analysis show that suppliers and distributors activities have high Backward Linkages index respectively at 1,4630 and 1,0739, whereas farmers and millers activities have low Backward Linkages index respectively at 0,7319 and 0,7313. Meanwhile index of high Forward Linkages is owned by farmers and millers activities respectively at 1,4631 and 1,0738, whereas index of low Forward Linkages is owned by suppliers and distributors activities respectively at 0,7320 and 0,7311. It is seen that re is no sector that has Backward Linkages and Forward Linkages, so re is no key sector in sugar industry distribution channel. Based on distribution channel of sugar industry above, farmers and suppliers activities is combined. analysis result shows that combining of farmers and suppliers activities has index of high Backward and Forward Linkages respectively at 1,47607 and 1,47624. It gives a better result because combining of farmers and suppliers activities becomes key sector that have a big role to encourage development of all activities in distribution channel of sugar industry.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/633.61/NUR/a/041305823
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 633 Field and plantation crops > 633.6 Sugar, syrup, starch crop
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 01 Apr 2014 13:09
Last Modified: 01 Apr 2014 13:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158936
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item