Dampak Pemberlakuan Kebijakan Sepeda Motor Menyalakan Lampu Utama Terhadap Pengurangan Kecelakaan Di Kota Surabaya

Marwan, AriefAgus (2015) Dampak Pemberlakuan Kebijakan Sepeda Motor Menyalakan Lampu Utama Terhadap Pengurangan Kecelakaan Di Kota Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menurut data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan adalah rata-rata korban meninggal dunia dalam 1 tahun sejumlah 10.696 jiwa atau setiap harinya lebih dari 20 keluarga yang harus kehilangan anggota keluarganya. Keselamatan lalu lintas dengan memperhatikan banyak factor tersebut telah diatur dalam UU, salah satunya adalah UU No. 22 Tahun 2009 yaitu kewajiban pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu pada siang hari terdapat pada Pasal 107 ayat (2). Dengan adanya pasal tersebut, mewajibkan pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampukendaraannya pada siang hari namun dalam kenyataannya masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak menjalankan peraturan tersebut. Penelitian ini bertujuan membandingkan angka kecelakaan sebelum dan sesudah adanya UU tersebut serta bagaimana persepsi masyarakat mengenai aturan tersebut, menggunakan analisis IPA dan SWOT. Sampel diambil secara accidental sejumlah 100 pengendara yang melintasi jalan protocol di Kota Surabaya, seperti Jalan Raya Darmo dan Jalan A. Yani. Dari hasil analisis yang dilakukan, adanya peraturan tersebut terbukti mengurangi angka kecelakaan. Sebelum tahun 2009, grafik kecelakaan eningkathingga mencapai 562 kecelakaan di Kota Surabaya, pada tahun 2010 setelah adanya peraturan UU No. 22 Tahun 2009, angka kecelakaan menurut mencapai angka 294. Sehingga, UU terbukti efektif mengurangi angka kecelakaan. Kemudian berdasarkan hasil analisis IPA, menurut persepsi masyarakat, variable yang dianggap penting tetapi memberikan kepuasan yang rendah adalah sosialisasi pentingnya menyalakan lampu kendaraan roda 2. Berdasarkan hasil analisis SWOT, arahan kebijakan yang tepat adalah dengan melakukan sosialisasi pentingnya menyalakan lampu utama kendaraan roda dua di siang hari oleh petugas berwenang, serta diberikannya sanksi tegas kepada pengendara sepeda motor yang tidak mentaati aturan standar berlalu lintas, dan melakukan razia terhadap kendaraan kendaraan yang mengganti lampu utama dengan lampu lain yang tidak sesuai standar. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Peraturan Lampu Utama Kendaraan, Persepsi Masyarakat.

English Abstract

high number of traffic accidents in Indonesia, according to data from Directorate General of Land Transportation, Department of Transportation is average of victims died within 1 year of a number of 10 696 inhabitants or every day more than 20 families who have lost family members. Traffic safety by taking into account many factors that have been regulated in Act, one of which is Law No. 22 of 2009, namely obligation bikers to turn on lights during day contained in Article 107paragraph (2). With aforementioned article, require motorcyclists to light vehicles during day but in reality re are many motorists who do not carry out se regulations. This study aimed to compare number of accidents before and after existence of law and how peoples perceptions of se rules, use IPA and SWOT analysis. Samples taken by accidental number of 100 riders who crossed road protocol in Surabaya, like Jalan Raya Darmo and Jalan A. Yani. From results of analysis carried out, existence of se regulations is proven to reduce number of accidents. Before year 2009, graph of accidents increased to 562 accidents in city of Surabaya, in 2010 after regulations of Law No. 22 In 2009, number of accidents according to reach 294. Thus, Act proved to be effective in reducing number of accidents. n based on results of analysis of science, according to public perception, which is considered an important variable but low satisfaction is socialization of importance of turning on light vehicle wheels 2. Based on results of SWOT analysis, appropriate policy direction is to disseminate importance of turning on headlights during two-wheeled vehicle day by authorized personnel, as well as strict punishment given to motorcyclists who do not obey traffic rules of standard, and conduct raids on vehicle headlights to replace vehicle with ano r lamp is not standards compliant.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/629.271/MAR/d/2015/041505084
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 Sep 2015 09:02
Last Modified: 04 Sep 2015 09:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158890
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item