Analisis dan Simulasi Sistem Suspensi Semi-Aktif Kendaraan Penuh dengan Metode Fuzzy Takagi Sugeno

Candra, JoniEka (2012) Analisis dan Simulasi Sistem Suspensi Semi-Aktif Kendaraan Penuh dengan Metode Fuzzy Takagi Sugeno. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem suspensi pada kendaraan memegang peranan yang sangat penting dalam memperoleh kenyamanan dan keamanan. Selain dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan dan daya lekat ban pada jalan, sistem suspensi berfungsi juga untuk mengurangi getaran pada kabin kendaraan yang disebabkan oleh ketidakrataan permukaan jalan. Untuk meningkatkan kinerja gaya redaman sistem suspensi semi-aktif maka digunakan kontroler fuzzy Takagi Sugeno. Dari hasil analisis dan simulasi dengan kontroler fuzzy Takagi Sugeno yang dibandingkan dengan sistem suspensi dengan kontroler fuzzy Mamdani didapatkan hasil sebagai berikut: v Pada gangguan berupa bump dengan amplitudo 0,2 meter, lebar 2,5 meter dan dengan kecepatan kendaraan 60 km/jam, dapat mereduksi percepatan vertikal sebesar 69.5831 %. Dan juga mereduksi percepatan anggukan 93.0672 %, percepatan Rolling 89.6537 %, defleksi suspensi belakang kiri 93.5435 %, defleksi suspensi belakang kanan 97.3849 %, defleksi suspensi depan kanan 97.0523 %, defleksi suspensi depan kiri 96.6493 %. v Pada gangguan berupa sinus dengan amplitudo 0,2 meter dapat mereduksi percepatan vertikal sebesar 88,1137 %, percepatan anggukan 96,2252 %, percepatan Rolling 88,2744 %. Dan juga mereduksi defleksi suspensi belakang kiri 93,3488 %, defleksi suspensi belakang kanan 96,3338 %, defleksi suspensi depan kanan 96,3404 %, defleksi suspensi depan kiri 95,4955 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara analisis dan simulasi, suspensi semi-aktif dengan kontroler fuzzy Takagi Sugeno dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dibandingkan suspensi semi-aktif dengan kontroler fuzzy Mamdani.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/629.243/CAN/a/041201039
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 20 Jul 2012 10:27
Last Modified: 20 Jul 2012 10:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158889
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item