Implementasi Model Reference Adaptive System (MRAS) pada Model Sistem Autopilot Lateral dan Longitudinal Pesawat Boeing 747-400

Datya, AuliaIefan (2012) Implementasi Model Reference Adaptive System (MRAS) pada Model Sistem Autopilot Lateral dan Longitudinal Pesawat Boeing 747-400. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang disposisi sudut terbang dan getaran pada fuselage yang terjadi pada pesawat Boeing 747-400 akibat adanya gangguan karena perubahan cuaca atau perubahan ketinggian permukaan bumi. Kajian dalam penelitian ini berupa suatu simulasi dan analisis dengan menggunakan program bantuan Matlab versi 7.8.0. Autopilot adalah suatu sistem yang bekerja secara mekanik, elektrik dan hidrolik yang digunakan untuk mengendalikan sebuah pesawat tanpa bantuan manusia. Terdapat dua macam pengendalian autopilot pada pesawat terbang, yaitu autopilot longitudinal yang meliputi pengendalian kecepatan pesawat, sudut angguk pesawat ( pitch ) dan ketinggian pesawat, dan autopilot lateral yang meliputi sudut guling pesawat ( roll ), sudut luncur samping pesawat ( side slip ) dan sudut geleng pesawat ( yaw) . Autopilot yang masih digunakan mempunyai keterbatasan saat penerbangan dengan mode autopilot diaktifkan, kebanyakan pesawat cenderung tidak stabil untuk kembali ke posisi sudut pitch , heading dan roll semula setelah mengalami gangguan keseimbangan yang diakibatkan oleh perubahan cuaca atau perubahan ketinggian karena menyesuaikan dengan bentuk permukaan bumi. MRAS (Model Reference Adaptive System) digunakan untuk mengurangi gangguan kestabilan pada pesawat karena mampu menyesuaikan sistem terhadap perubahan parameter-parameter yang mempengaruhi penerbangan di udara. Melalui hasil simulasi dan analisis pada sistem autopilot yang dilakukan dalam penelitian diketahui bahwa settling time relatif lebih baik dibandingkan metode sebelumnya. Sebagai contoh untuk pengendalian autopilot longitudinal dengan M = 0.5 didapatkan settling time 7.3 sekon.

English Abstract

This sis presented disposition of flight angles and vibration on Boeing 747-400 airplane fuselage . se distubance occurs when wea r climate or airplane altidude (refers to earth surface) is changing. main purpose of this research is simulation and analysis from cases using Matlab 7.8.0. Autopilot is a mechanical, electrical, or hydraulic system used to guide a vehicle without assistance from a human being . re are two types of autopilot in airplanes, longitudinal autopilot that controlled airspeed, pitch movement and altitude, second is lateral autopilot that controlled roll, side slip and yaw movement. re are some limitations in Autopilot that still in use nowadays, when autopilot mode is activated, most airplanes is leaning to unstables to ir originally pitch, heading and roll angle after suffers stability disturbances which caused by change of wea r and airplane altidude. MRAS (Model Reference Adaptive System) is implemented in this research in order to decrease stability disturbances on Boeing 747-400 airplane because its ability to adapt autopilot systems through changes of flight parameters that affects filghts mode in air. Through simulation and analysis on autopilot systems, obtained results is : Relative settling time of airplane when having disturbances is better than o r methods, for example, longitudinal autopilot with Mach Number 0.5, settling time is 7.3 seconds.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/629.135 2/DAT/i/041202532
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.1 Aerospace engineering
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Nov 2012 09:50
Last Modified: 14 Nov 2012 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158885
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item