Pre-Emptive Traffic Management For A Cluster-Based Tdma System In Vehicular Communications

Prasetya, NyomanWira (2016) Pre-Emptive Traffic Management For A Cluster-Based Tdma System In Vehicular Communications. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

IEEE 802.11p adalah standar dalam sistem komunikasi kendaraan, yang dikenal sebagai akses nirkabel di lingkungan kendaraan (gelombang). Implementasi standar itu sebagai protokol MAC dalam kepadatan tinggi node dalam jaringan ad-hoc kendaraan (vanet) dapat menciptakan kelemahan kinerja, khususnya untuk paket kerugian dan penundaan setiap kali terjadi tabrakan. Memperkenalkan skema Divisi Waktu Multiple Access (TDMA) dapat meningkatkan kinerja. Namun, penjadwalan TDMA sulit dikelola jika kepadatan tinggi lalu lintas, mobilitas tinggi kendaraan, dan topologi jaringan dinamis. Dalam penelitian ini, TDMA berbasis cluster dengan prioritas lalu lintas dalam vanet diusulkan. TDMA berbasis cluster memiliki dua jenis komunikasi, intra-cluster dan komunikasi antar-kluster. Intra-cluster adalah komunikasi yang didirikan antara anggota cluster. Cluster memiliki Koordinator Kendaraan (VC) sebagai pemimpin dan memiliki Node Kendaraan (VN) sebagai anggota. Cakupan cluster didefinisikan sebagai rentang transmisi VC. Lalu lintas berkerumun didefinisikan sebagai prioritas lalu lintas tinggi dan rendah dan tertanam dalam tajuk TDMA MAC. Hasil evaluasi yang diperoleh melalui simulator NS3 menunjukkan bahwa pendekatan yang diusulkan dilakukan dengan lebih baik dalam kepadatan tinggi node. Dengan memberikan prioritas secara signifikan dapat meningkatkan kinerja lalu lintas yang dianggap penting / penting untuk diproses. Dalam komunikasi intra-cluster, skema yang diusulkan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan gelombang ketika jumlah node tinggi. Dalam panjang antrian dan penundaan, lalu lintas prioritas tinggi memiliki nilai terendah. Dalam komunikasi antar-kluster, skema yang diusulkan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan gelombang dalam panjang antrian, penundaan, dan throughput. Dalam kerugian paket, ketika jumlah node rendah, gelombang melampaui total paket kehilangan TDMA tetapi kehilangan paket meningkat pesat bersama dengan jumlah node meningkat.

English Abstract

IEEE 802.11p is a standard in a vehicular communication system, known as Wireless Access in Vehicular Environment (WAVE). An implementation of that standard as MAC Protocol in a high-density of nodes in Vehicular Ad-Hoc Networks (VANETs) may create a performance drawback, in particular for packet loss and delay whenever collisions happened. Introducing Time Division Multiple Access (TDMA) schemes can improve performance. However, TDMA scheduling is difficult to manage in case of high-density of traffic, high mobility of vehicles, and dynamic network topology. In this study, a clustered-based TDMA by traffic priority in VANETs is proposed. Cluster-Based TDMA has two kinds of communication, intra-cluster and inter-cluster communications. Intra-Cluster is communications established between members of a cluster. A cluster has Vehicle Coordinator (VC) as a leader and has Vehicle Node (VN) as members. Coverage of a cluster is defined as transmission range of VC. clustered traffic is defined as high and low traffic priority and embedded in TDMA MAC Header. evaluation result obtained through NS3 Simulator shows that proposed approach performed better in a high-density of nodes. By giving priorities can significantly improve performance of traffic that considered as essential/important to be processed. In intra-cluster communication, proposed scheme has better performance compare to WAVE when number of nodes is high. In queue length and delay, high priority traffic has lowest value. In inter-cluster communication, proposed scheme has better performance compare to WAVE in queue length, delay, and throughput. In packet loss, when number of nodes is low, WAVE surpass total packet loss of TDMA but packet loss increased rapidly along with number of nodes increased.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/625.794/PRA/p/2017/041702743
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Apr 2017 11:08
Last Modified: 21 Apr 2017 11:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158785
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item