Handayani, AyuPertimasariSekar (2012) Studi Penentuan Penghematan Waktu dan Biaya Pengguna Jalan Tol dalam Kota (Studi Kasus Tol Waru-Dupak). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu komponen penting dalam penentuan tarif tol di Indonesia adalah nilai waktu. Studi ini difokuskan pada penurunan nilai penghematan waktu berdasarkan perilaku pemilihan rute pengguna jalan tol di Indonesia menggunakan data stated preference (SP). Studi difokuskan pada pengguna kendaraan golongan I, pada ruas waru-dupak, jalan tol dalam kota Surabaya Survey pengguna jalan tol dan SP dilakukan selama seminggu mulai tanggal 11 Oktober 2011, dilokasi sekitar koridor waru-dupak. Data pilihan dianalisis menggunakan paket ALOGIT untuk analisis maksimum likelihood, sementara analisis regresi data rating dilakukan menggunakan MICROSOFT EXCEL spread sheet. Dari survey yang dilakukan, ditemukan bahwa sebagian besar responden memutuskan untuk menggunakan jalan tol dengan alasan waktu perjalanan yang lebih singkat dan arus lalulintas yang lebih lancer. Dua kuesioner rating dicoba. Satu dengan pilihan-pilihan yang murni hipotetikal dengan atribut waktu perjalanan terdiri dari waktu perjalanan dan tundaan. Sementara yang lain dirancang dengan pilihan yang menampilkan kondisi pilihan berdasarkan pengalaman pengguna saat ini. Rancangan yang terakhir lebih merefleksikan kondisi nyata, data yang dikumpulkan lebih memenuhi syarat dan dapat diandalkan daripada yang diperoleh dari rancangan pertama. Juga ditemukan, bahwa pada tingkat tertentu nilai trade-off uang/waktu, responden cenderung untuk melihat nilai uang sebagai pertimbangan utama dalam pilihannya, selanjutnya waktu atau bahkan mereka tidak melihatnya sama sekali. Dengan menggunakan maximum likelihood, nilai waktu, dalam rp/jam, perjalanan ke tempat kerja-tol dibayar sendiri,perjalanan ke tempat kerja-tol dibayar perusahaan,perjalanan ke tempat kerja,perjalanan bagian dari kerja-tol dibayar sendiri, perjalanan bagian dari kerja-tol dibayar perusahaan,tol dibayar sendiri,tol turut,adalah 6.775, 8.724, 7.032, 10.117, 8.515, 9.212, analisis regresi adalah 5.278, 9.314, 5.959, 12.702, 6.949, 9.325, 6.643, 8.023 dan 5.332. Perbedaan tersebut disebabkan karena perbedaan jenis data respon dan metode analisis.
English Abstract
One important component in determining toll road charges in Indonesia is value of time. This research focused on derivation of value of time savings for Indonesian toll users` from route choice behavior and by analysing stated preference (SP) data. research focused on users in vehicle category I, on waru-dupak link of Surabaya intra urban toll road. Toll road usage and SP surveys were conducted during one week commencing on October 11, 2011, at several places located along waru-dupak corridor. Choice data was analysed using ALOGIT package for maximum likelihood analysis, while for ratings a regression analysis was conducted with Microsoft excel spreadsheet. toll road user survey shows that most respondents selected toll road for reasons of shorter time and unobstructed traffic flow. Two SP rating questionnaires wew tested. One is related to a purely hypo tical choice with travel time attributes consisting free move and delay time. o r was designed such that choice was confronted with users` current experience choice condition. As latter is more reflecting real condition, data ga red is more valid and reliable than that was obtained from former. It was found that in a particular level of toll/time trade-off, respondents tend to consider value of money as main reason in ir decision, n followed by time or even y do not consider time at all. Using maximum likelihood, value of time, in rupiahs/person hour,for trip to work-toll paid by trevellers,trip to work-toll papid by company, trip to work,trevel as part of work-toll paid by company, travel as part of work-toll paid by trevellers, toll paid by company,and non-work related work are 5,775 , 8,724 , 7,032 , 10,117 , 8,515 , 9,212 , 7,661 , 8,460 and 6,559 , respectively. Where as by using analysis y are 5,278 , 9,314 , 5,959 , 12,702 , 9,325 , 6,643 , 8,023 and 5,332 respectively. differences are due to different type of response data and analysis method.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/625.7/HAN/s/041201406 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 25 Jun 2012 10:02 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158775 |
Actions (login required)
View Item |