Rochmah, Nurul (2013) Numerical Simulation of Bridges with Inclined Deck Under Strong Ground Motion. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdebar antara deck diamati pada sebagian besar jembatan yang mengalami kerusakan parah bahkan mengganti. Meskipun efek pondok dari jembatan yang seismik telah dipelajari oleh banyak peneliti, hanya sedikit peneliti yang menyelidiki jembatan dengan deck cenderung pada efek ini. Namun, gelembung jembatan harus lereng karena berbagai medan, penyelarasan rute dan ketinggian. Kadang-kadang kemiringan hingga 10%. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efek pounding dari jembatan dengan deck cenderung di bawah gerakan tanah yang kuat. Formulir Vektor Elemen Finite Intrinsik (Vfife) lebih unggul dalam mengelola masalah teknik dengan bahan nonlinier, diskontinuitas, deformasi besar, perpindahan besar dan gerakan tubuh cacat yang timbul secara arbitron. Dalam penelitian ini, bentuk vektor elemen finit intrinsik (Vfife) dengan demikian dipilih untuk menjadi metode analisis. Dua jenis jembatan, jembatan enam bentang yang hanya didukung dan jembatan terus menerus dianalisis. Kedua jembatan dengan bantalan karet redaman tinggi. Penelitian ini menggunakan berbagai elemen untuk mensimulasikan deck dan deck lereng dari 0% hingga 10%. Timbangan gerak tanah berasal dari 100% hingga 300%. Dari hasil analisis numerik, deformasi deck dan kekuatan tanpa efek berdebar lebih besar dari kasus dengan efek berdebar. Dan lebih banyak elemen nomor lebih baik untuk mensimulasikan deck. Kemiringan dek tidak mempengaruhi jumlah geladak yang menggigit dan bantalan kerusakan. Perilaku dinamis dari jembatan tinggi terus menerus lebih baik daripada jembatan tinggi yang didukung secara sederhana di bawah gerakan tanah yang kuat.
English Abstract
Pounding between decks was observed on most of bridges which suffered severe damage even unseating. Although pounding effect of seismically-excited bridges has been studied by many researchers, only few researchers investigated bridges with inclined decks on this effect. However, decks of bridges should be of slopes due to various terrain, route alignment and elevation. Occasionally slope is up to 10%. refore, this research is aimed to study pounding effect of bridges with inclined decks under strong ground motions. Vector Form Intrinsic Finite Element (VFIFE) is superior in managing engineering problems with material nonlinearity, discontinuity, large deformation, large displacement and arbitrary rigid body motions of deformable bodies. In this study, Vector Form Intrinsic Finite Element (VFIFE) is thus selected to be analysis method. Two types of bridges, a six-span simply-supported bridge and a continuous bridge are analyzed. Both of bridges are with high damping rubber bearings. This study used different number of element to simulate decks and deck slopes are from 0% to 10%. ground motion scales are from 100% to 300%. From numerical analysis result, deck deformations and forces without pounding effect are larger than cases with pounding effect. And more element number is better to simulate decks. deck slope does not influence number of unseating decks and damage bearings. dynamic behavior of continuous elevated bridge is better than simply-supported elevated bridge under strong ground motion.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/624.2/ROC/n/041304386 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.2 Bridges |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 14:19 |
Last Modified: | 03 Jun 2013 14:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |