Pengaruh Bukaan Terhadap Kapasitas Lentur Balok Beton Bertulang,

Wijaya, HandikaSetya (2016) Pengaruh Bukaan Terhadap Kapasitas Lentur Balok Beton Bertulang,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam konstruksi bangunan-bangunan modern, instalasi perpipaan dibutuhkan untuk mengakamodasi kebutuhan mekanikal dan elektrikal. Biasanya pipa-pipa tersebut ditempatkan di bawah balok dan untuk alasan keindahan dan ditutup dengan langit-langit sehingga menghasilkan sebuah ruang tak terpakai (dead space). Salah satu alternatif rencana untuk melewatkan instalasi perpipaan di atas adalah dengan membuat bukaan pada balok. Bila ditinjau dari momen kapasitas lentur penampang, bukaan yang diberikan di wilayah tarik dari balok tidak akan berpengaruh terhadap momen kapasitasnya, karena beton di daerah tarik hanya bisa menahan tegangan tarik pada kondisi penampang sebelum retak. Untuk kondisi setelah retak sampai kondisi ultimit, tegangan tarik sepenuhnya ditahan oleh tulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar pengaruh pemberian beberapa variasi jumlah bukaan yang diberikan di zona tarik beton terhadap kekuatan dan kekakuan lentur balok beton bertulang. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian lentur balok dengan kondisi tumpuan sendi dan rol (2 tumpuan). Balok beton yang digunakan sebagai benda uji lentur berukuran (15 x 25 x 200) cm. Variasi penelitian ini yaitu jumlah bukaan berdiameter 5 cm yang berjumlah dua bukaan (BB2) dan empat bukaan (BB4) dan balok tanpa bukaan/ balok kontrol (BK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bukaan pada zona tarik beton mereduksi kekuatan lentur meskipun tidak signifikan. Jika dibandingkan dengan BK, reduksi kekuatan lentur untuk balok BB2 sebesar 1.26% dan reduksi untuk balok BB4 sebesar 5.66%. Untuk kekakuan lentur pada kondisi praretak, terjadi reduksi kekakuan lentur. Jika dibandingkan dengan BK, reduksi kekakuan lentur untuk balok BB2 sebesar 9.0% dan reduksi untuk balok BB4 sebesar 15.24%. Untuk kekakuan lentur pada kondisi pascaretak, terjadi reduksi kekakuan lentur. Jika dibandingkan dengan BK, reduksi kekakuan lentur untuk balok BB2 sebesar 13.03% dan reduksi untuk balok BB4 sebesar 18.68%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/624.183 2/WIJ/p/2016/041611186
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Dec 2016 10:38
Last Modified: 21 Dec 2016 10:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158751
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item