Studi Eksperimen Pengukuran Impedansi Listrik Larutan Secara Presisi Menggunakan Injeksi Arus Pada Pelat Sejajar

Salamena, GianitaAnastasia (2017) Studi Eksperimen Pengukuran Impedansi Listrik Larutan Secara Presisi Menggunakan Injeksi Arus Pada Pelat Sejajar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, telah dilakukan telah dilakukan pengkajian sifat kelistrikan larutan diukur menggunakan pelat sejajar double-layer dan konfigurasi pelat sejajar dengan probe luar. Ada tiga jenis larutan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu aquades (netral), air mineral dan susu murni. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai impedansi listrik larutan yang terukur pada probe pelat sejajar double-layer dengan nilai impedansi larutan yang terukur pada probe luar. Probe yang digunakan adalah beberapa probe plat sejajar double-layer berbentuk lingkaran dengan diameter 1 mm, 3 mm, 5 mm dibentuk menjadi sebuah wadah tempat mengisi larutan eksperimen, sehingga jarak pelat sejajar akan sama disetiap pengambilan data, diinjeksikan arus yang berasal dari pembangkit tegangan modul Picoscope yang sudah dikonversi oleh modul V-I converter. Arus yang diinjeksikan pada larutan akan menimbulkan perubahan tegangan dikarenakan adanya hambatan alami pada larutan yang diukur. Kemudian probe luar diletakkan sejajar dan tegak lurus arah injeksi arus. Picoscope akan merekam perubahan tegangan pada probe plat sejajar double-layer dan juga probe luar untuk scanning frekuensi tertentu di setiap bahan. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai impedansi larutan yang terukur pada probe plat sejajar double-layer jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai impedansi larutan yang terukur pada probe luar. Itu membuktikan bahwa nilai impedansi larutan yang terukur pada pelat sejajar double-layer tidak murni nilai impedansi larutan terukur. Karena dipengaruhi oleh karakteristik resistansi dan kapasitansi dari pelat sejajar double-layer.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/621.374/SAL/s/2017/041702295
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 May 2017 14:47
Last Modified: 22 May 2017 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158666
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item