Studi Perbandingan Unjuk Kerja Trafo Open Delta dan Trafo Delta pada Keadaan Berbeban

Sinay, Pelpinus (2011) Studi Perbandingan Unjuk Kerja Trafo Open Delta dan Trafo Delta pada Keadaan Berbeban. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transformator (trafo) adalah suatu alat yang dapat memindahkan (menyalurkan) dan mengubah energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian listrik yang lain dengan frekuensi yang sama berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Trafo yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah trafo tiga fasa hubungan delta dan open delta, yang disambung dengan beban terhubung delta. Jika salah satu dari belitan tiga fasa pada trafo hubungan delta dalam keadaan berbeban mengalami kerusakan, maka sisa dua belitan lainnya dapat diimplementasikan atau dirancang menjadi tiga fasa hubungan open delta, yang dapat difungsikan untuk menyalurkan daya listrik tiga fasa ke beban. Trafo open delta tidak memiliki unjuk kerja yang sama dengan unjuk kerja trafo delta pada saat dibebani beban seimbang dan beban tidak seimbang yang sama besar, hal ini disebabkan karena kenaikan arus pada setiap fasa tidak seimbang, sehingga terjadi kenaikan daya input yang diserap oleh beban tidak seimbang mengakibatkan rugi daya (loses) yang lebih besar dengan efisiensi yang mengecil. Tujuan penelitian adalah studi perbandingan unjuk kerja trafo open delta dan trafo delta pada keadaan berbeban dan Metode penelitian adalah metode eksperimen pada laboratorium, yang meliputi pengujian pada trafo tiga fasa hubungan open delta dan delta pada keadaan berbeban. Hasil pengukuran menunjukan bahwa terdapat perbandingan unjuk kerja (hasil keluran) antara rata- rata arus dengan loses maupun dengan efisiensi pada hubungan trafo open delta lebih kecil nilainya bila dibandingkan hubungan trafo delta, hal ini disebabkan karena kapasitas daya beban yang dipasok pada trafo open delta lebih kecil dari pada trafo delta, dengan perbandingan V= 0,577 : D =1, dari kapasitas daya nyata yang dibutuhkan /digunakan sebesar 2100 vA.

English Abstract

Transformator is an equipment that can transmit (distribute) and change electrical energy from one to o r electrical circuit with equal frequency based on electromagnetic induction. Transformator would be used in this research was three phase transformator of delta connection and open delta, connected to delta connected load. If one of three phase wounds in delta connection transformator in loaded condition experienced damage, n rest of ano r two wounds could be implemented or designed to be open delta connection three phase, could be functioned to distribute three phase electrical power to load. open delta transformator has no equal performance to performance of delta transformator when loaded with balanced load and imbalance load that equal in magnitude, this case due to current increase on each of phases did not balanced, thus take place input power increase absorbed by imbalance load causing larger power losses (losses) with decreased efficiency. purpose of this research was comparison study of open delta transformator and delta transformator performances in condition without load. And research method was experimental method in laboratory, involved testing on three phase transformator of open delta and delta connections in loaded condition. measurement result indicated that re was comparison of performance (output) between current imbalance to losses and to efficiency on open delta transformation connection was smaller its value if compared to delta transformator connection, this case due to load power capacity supplied to open delta transformator was smaller than to delta transformator, with comparison of V = 0.577 : D = 1, from real power capacity needed/used was as much as 2100 vA.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/621.314/SIN/s/041200010
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 31 Aug 2012 16:56
Last Modified: 31 Aug 2012 16:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158647
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item