Sinurat, Henry Dasdo Prawira (2017) Pelaksanaan Koordinasi Manfaat Antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Dengan Penyelenggara Asuransi Kesehatan Komersial (Studi Di Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Utama Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan mengenai pelaksanaan koordinasi manfaat antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dengan Penyelenggara Asuransi Kesehatan Komersial di Kota Malang dimana dalam pelaksanaanya terdapat perbedaan dengan yang diatur dalam peraturan yang bersifat publik yaitu peraturan BPJS Kesehatan Nomor 04 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Koordinasi Manfaat. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana pelaksanaan koordinasi manfaat antara BPJS Kesehatan KCU Malang dengan penyelenggara asuransi komersial di Kota Malang ? (2) Bagaimana kendala dan upaya yang dilakukan oleh BPJS KCU Malang dalam pelaksanaan koordinasi manfaat di Kota Malang? Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian ialah BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Malang dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan sampel dari BPJS Kesehatan KCU Malang, Rumah Sakit Lavalette dan Unisma serta 1 (satu) peserta koordinasi manfaat dengan 3 (tiga) teknik sampling yang berbeda. Dari hasil penelitian, pelaksanaan kedudukan BPJS Kesehatan sebagai penjamin pertama yang dapat berubah di rumah sakit Unisma, pemungutan premi dan iuran yang masih terpisah, proses klaim dari rumah sakit di seluruh kota Malang kepada BPJS Kesehatan yang masih belum sepenuhnya online, dan belum terealisasinya secara penuh kartu identitas bersama serta pelaksanaan yang berbeda dipengaruhi oleh kebijakan masing-masing fasilitas kesehatan di kota Malang khususnya rumah sakit Lavalette dan rumah sakit Unisma. Kendala pada substansi berupa kepesertaan yang bersifat wajib, konsep yang berbeda antara managed care yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan sebagai asuransi sosial dengan indemnity yang dimiliki oleh asuransi kesehatan komersial dan perbedaan ketentuan jumlah jenis penyakit yang ditanggung. Pada bagian struktur ialah belum siapnya sumber daya manusia pada BPJS Kesehatan KCU Malang sebagai penegak hukum dalam pelaksanaan koordinasi manfaat. Kendala pada kultur berupa perbedaan penafsiran pada Rumah Sakit Lavalette dan Unisma.Berbagai kendala dianalisa berdasarkan teori penegakan hukum oleh Lawrence M. Friedman yang pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan koordinasi manfaat di kota Malang belum dapat terlaksana dengan baik.
English Abstract
In this thesis the authors raised the issue regarding the implementation of the coordination of benefit between the BPJS Kesehatan with Commercial Health Insurance Organizer in the city of Malang, where in the implementation there is difference BPJS Kesehatan regulation No. 04 of 2016 about Technical Guidelines Implementation Coordination of Benefit. This paper raises the formulation of the problem: (1) How the implementation of the Coordination of Benefit between BPJS Kesehatan KCU Malang with commercial insurance providers in Malang? (2) What are the constraints and efforts made by BPJS Kesehatan KCU Malang in implementing Coordination of Benefit in Malang City? Writing this scientific paper using research methods with the type of juridical empirical research and sociological juridical approach method. The location of the research is BPJS Kesehatan Main Branch Office of Malang with primary data obtained through interview with sample from BPJS Kesehatan KCU Malang, Lavalette and Unisma Hospital and 1 (one) coordination of benefit participant. The result, implementation of BPJS Kesehatan position as the first guarantor that can change in hospital of Unisma, collecting premium and dues which are still separated, claim process from hospital in all city of Malang to BPJS Kesehatan which still not fully onli
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2017/117/05170066 |
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL SECURITY HEALTHCARE, COMMERCIAL HEALTH INSURANCE |
Subjects: | 300 Social sciences > 344 Labor, social service, education, cultural law > 344.02 Government-sponsored insurance > 344.022 Health and accident insurance |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Dra. Widia Permana., S.Sos., MAB. |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 02:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 04:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1586 |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
Actions (login required)
View Item |