Studi Fenomenologi : Pengalaman Perawat Dalam Melaksanakan Resusitasi Pada Kegawatan Neonatus Prematur Di Ruang Perawatan Neonatus RSD. DR. Haryoto Lumajang.

Maisyaroh, Arista (2015) Studi Fenomenologi : Pengalaman Perawat Dalam Melaksanakan Resusitasi Pada Kegawatan Neonatus Prematur Di Ruang Perawatan Neonatus RSD. DR. Haryoto Lumajang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang : Resusitasi pada neonatus prematur merupakan tindakan yang sangat komplek, pelik dan rumit. Dibutuhkan ketrampilan khusus, pengalaman personal, kerjasama tim, keikutsertaan keluarga dan perawat akan banyak menghadapi hambatan serta tantangan dalam rangkaian proses pelaksanaannya. Namun pada kenyataannya pengalaman perawat yang berkaitan dengan hal tersebut masih belum banyak diteliti. Tujuan penelitian: Mengeksplorasi pengalaman perawat dalam melaksanakan resusitasi pada kegawatan neonatus prematur di ruang perawatan neonatus. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka secara mendalam pada 7 perawat ruang perawatan neonatus. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisa tematik berdasarkan pendekatan Braun & Clarke Hasil penelitian: Penelitian menghasilkan 8 tema yaitu persiapan penolong, pengambilan keputusan awal, manajemen tim yang profesional, keadekuatan pedoman, keputusan menghentikan resusitasi, pengalaman psikologis penolong, keterlibatan keluarga serta kebutuhan dan tantangan Kesimpulan: Pengalaman perawat dalam melaksanakan resusitasi pada kegawatan neonatus prematur merupakan pengalaman yang kompleks terkait dengan persiapan penolong, pengambilan keputusan awal, manajemen tim yang profesional, keadekuatan terhadap pedoman, keputusan menghentikan resusitasi, perjalanan psikologis penolong, keterlibatan keluarga sampai dengan kebutuhan peningkatan kualitas resusitasi sehingga dapat menghasilkan upaya resusitasi yang holistik sesuai dengan filosofi keperawatan yang memberikan layanan keperawatan yang meliputi aspek bio, psiko, sosial, kultural dan spiritual, serta memandang manusia secara natural sesuai dengan lingkungan alamiahnya. Diskusi : Diperlukan eksplorasi terhadap pengalaman keterlibatan keluarga dalam proses resusitasi dan efektifitas pengorganisasian tim dalam meningkatkan keberhasilan resusitasi. Kata kunci : pengalaman perawat, resusitasi, dan neonatus prematur

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/618. 920 1/MAI/s/2015/041507049
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2015 12:13
Last Modified: 22 Oct 2015 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158539
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item