Simulasi Komputer Pada Optimasi Desain Hybrid Plating Dalam Proses Bone Healing

Mamungkas, MohamadIrkham (2015) Simulasi Komputer Pada Optimasi Desain Hybrid Plating Dalam Proses Bone Healing. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hybrid plating nerupakan suatu metode yang mengkombinasikan antar locking screw dan non-locking screw yang biasanya digunakan untuk proses penyembuhan patah tulang. Metode ini digunakan untuk mendapatkan defleksi yang terkecil dan mencegah terjadinya pull out. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan parameter desian yang optimal, seperti posisi locking screw, ketebalan pelat, dan lebar pelat dengan menggunakan metode Taguchi yangterdiri dari variasi level dan faktor. Material yang digunakan pada penelitian ini untuk screw dan pelat adalah stainless steel SS 316 L. beban yang digunakan adalah beban aksial sebesar 1000 N. Jumlah lubang pada pelat sebanyak 8 buah yang terdiri dari 4 buah lubang pada tiap bagian sisinya. Pada tiap sisi terdiri dari locking screw dan non-locking screw . Model eksperimen menggunakan software ANSYS Workbench 14.5 finite element. Hasil menunjukkkan bahwa desain yang optimal terjadi pada jumlah locking screw sebanyak 3 buah yang terletak di posisi kiri, tebal pelat 4 mm, dan lebar pelat 16 mm. Desain yang optimal menghasilkan defleksi rata-rata sebesar 0,039507 mm dan terlihat bahwa kegagalan dan pull out tidak terjadi.

English Abstract

Hybrid plating method that combine locking screw and non-locking screw usually used for healing on bone fracture. This method used in order to get smallest deflection and prevent pull out. research purposed to obtain optimal parameter design locking screw, such as position of locking screw, thickness and width plates by using Taguchi method which obtained level and variations factor. material used in this study for screw and plate were stainless steel SS 316 L. load model used axial load of 1000 N. number of hole plates were 8, which 4 holes in each section. In one section consist of locking screw and non locking screw Quasi experimental model applied ANSYS Workbench 14.5 finite element software. Results showed optimum design was 3 locking scews in left position, thickness 4 mm and a width of plate 16 mm. optimum design produce 0,039507 mm of average deflection and it can be denoted that failure and pull out was not occurred.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/617.15/MAM/s/2015/041501292
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.1 Injuries and wounds
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 01 Jul 2015 09:08
Last Modified: 01 Jul 2015 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158496
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item