Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tinggal Pasien Sindrom Koroner Akut (Ska) Di Ruang Emergency Jantung Instalasi Pjt Rsup Sanglah Denpasar

Yundari, AAIstriDalemHana (2016) Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tinggal Pasien Sindrom Koroner Akut (Ska) Di Ruang Emergency Jantung Instalasi Pjt Rsup Sanglah Denpasar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sindrom Koroner Akut (SKA) merupakan suatu keadaan kegawatdaruratan jantung dengan manifestasi klinis berupa keluhan perasan tidak enak atau nyeri dada yang disertai dengan gejala lain akibat dari iskemia miokard. Penanganan kasus SKA di Instalasi Gawat Darurat (IGD) membutuhkan tindakan yang cepat dan efisien untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi pada pasien SKA. Terjadinya pemanjangan lama waktu tinggal pasien di IGD dikatakan menjadi salah satu indikator kurang efektifnya manajemen pelayanan pasien di IGD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan lama waktu tinggal pasien SKA di ruang emergency jantung PJT RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian prospektif dengan desain penelitian observasional analitik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Hasil korelasi Pearson menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecepatan konsultasi dokter (p 0,001), Waktu keputusan persetujuan perawatan (p 0,001), dan waktu pelaporan ketersediaan bed (0 001) dengan lama waktu tinggal pasien SKA di ruang emergency jantung PJT RSUP Sanglah Denpasar. Tidak ada hubungan antara faktor kondisi klinis pasien (p=903) dengan lama waktu tinggal pasien di ruang emergency jantung PJT. Berdasarkan hasil analisis multivariat regresi linear dengan metode backward menunjukkan waktu pelaporan ketersediaan bed di ruang perawatan lanjutan yang paling dominan mempengaruhi lama waktu tinggal pasien SKA di ruang emergency jantung PJT RSUP Sanglah Denpasar dengan nilai r =0,808 dan nilai R2= 0,928 (92,8%). Dengan demikian diperlukan pengelolaan ruangan yang baik oleh pihak manajemen rumah sakit terkait ketersediaan bed di ruang perawatan intensif baik ICCU maupun intermediet agar tidak terjadi penumpukan pasien SKA di ruang emergency yang sangat berpotensi menimbulkan terjadinya bottleneck pasien di ruangan tersebut.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.123/YUN/a/2016/041611275
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Jan 2017 09:14
Last Modified: 30 Jan 2017 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158286
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item