Identifikasi Sel Acute Lymphoblastic Leukemia (All) Pada Citra Periheral Blood Smear Berdasarkan Morfologi Sel Darah Putih

SuratinMuhammadDzikrullah (2016) Identifikasi Sel Acute Lymphoblastic Leukemia (All) Pada Citra Periheral Blood Smear Berdasarkan Morfologi Sel Darah Putih. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Acute lymphoblastic leukemia (ALL) merupakan salah satu jenis leukemia (kanker sel darah putih) yang pada umumnya terjadi pada anak-anak dan keganasannya berkembang dengan cepat, jika tidak segera dirawat bisa berakibat fatal terhadap kondisi penderita dalam beberapa bulan. Deteksi dini sangat penting untuk langkah pengobatan yang lebih efektif. ALL didiagnosis dengan metode pengujian mikroskop sediaan apus darah secara manual oleh hematologist, oleh karena itu metode ini memerlukan tenaga dan waktu yang lama serta hasil diagnosis tergantung pada subyektifitas pengalaman hemato-logist, ketelitian dan konsentrasi. Untuk mengurangi efek subyektifitas dan membantu dokter dalam proses diagnosa, maka pada penilitian ini dibangun suatu sistem handal terbantu komputer yang mampu melakukan identifikasi adanya sel ALL pada citra sediaan apus darah. Citra sediaan apus darah diolah melalui serangkaian teknik pengolahan citra digital untuk mendapatkan ciri objek. Citra masukan dalam domain warna RGB diperbaiki menggunakan metode Median Filter untuk menghilangkan derau yang muncul selama proses akuisisi berlangsung. Algoritma K-Means Clustering berdasarkan segmentasi warna digunakan untuk memisahkan citra sediaan apus darah menjadi empat daerah yaitu latar belakang, sel darah merah, nukleus sel darah putih dan sitoplasma sel darah putih dengan ruang warna yang dipilih adalah CIELab. Nukleus sel darah putih yang tumpang tindih kemudian dipisahkan dengan mengaplikasikan metode Watershed Transform. Karakteristik morfologi sel darah putih digunakan untuk ekstraksi fitur. Berdasarkan ciri morfologi yang diekstrak yaitu area, perimeter, equivDiameter, roundness dan compactness, citra apus darah diklasifikasikan kedalam dua kelas yaitu ALL dan normal menggunakan metode Support Vector Machine dengan fungsi kernel Gaussian Radial Basis Function. Hasil proses identifikasi sel ALL pada citra sediaan apus darah berdasarkan karakteristik morfologi dengan jumlah data yang digunakan sebagai pembelajaran yaitu 170 citra dan data pengujian berjumlah 44 citra, didapatkan nilai akurasi sebesar 95,45%, sensitifitas sebesar 0,96%, spesifisitas sebesar 94,73%, dan nilai AUC sebesar 0.953684. Untuk pengembangan penelitian lebih lanjut dibutuhkan pengukuran terhadap obyek sitoplasma dan melakukan klasifikasi subtipe dari tipe ALL.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.075 4/SUR/i/2016/041601575
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Aug 2016 13:05
Last Modified: 03 Aug 2016 13:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item