Studi Fenomenologi Pengalaman Perawat Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dalam Merawat Pasien Terlantar Pada Fase End Of Life Di Rsud Dr. Saiful Anwar Malang

Ose, MariaImaculata (2018) Studi Fenomenologi Pengalaman Perawat Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dalam Merawat Pasien Terlantar Pada Fase End Of Life Di Rsud Dr. Saiful Anwar Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasien terlantar dalam keadaan kritis yang memasuki fase End of Life cukup sering dirawat di IGD. Kondisi sendiri tanpa ada keluarga yang mendampingi dan lingkungan IGD yang sibuk dan bising menjadi hambatan juga tantangan dalam perawatan End of Life. Perawatan pasien terlantar dalam tahap End of Life membutuhkan penanganan yang bertujuan memberikan rasa nyaman, ketenangan, kedekatan dukungan sosial. Tujuan Penelitian Mengeksplorasi pengalaman perawat dalam merawat pasien terlantar dalam fase End of Life di ruang IGD RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Desain Penelitian dengan metode Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologiinterpretif, yang melibatkan 7 perawat IGD. Data dikumpulkan melalui Indepth interviewdan dianalisis dengan menggunakan analisa tematik Braun & Clark. Hasil Penelitian: menghasilkan 7 tema yaitu1. Merasakan hati tersentuh pada pasien terlantar menjelang ajal 2. Tidak membedakan perlakuan pada pasien terlantar dengan pasien lain yang menjelang ajal 3. Menghargai harkat dan martabat pasien 4. Memilih perawatan suportif sebagai tindakan terbaik 5. Terpaksa meninggalkan pasien tanpa pendampingan spritual 6. Mengalami konflik dalam menempatkan pasien terlantar yang menjelang ajal 7. Mengharapkan situasi lingkungan kerja yang mendukung. Kesimpulan:Perawat bersikap profesional, menghormati harkat dan martabat dalam memberikan perawatan tanpa membedakan perlakuan dengan pasien lain yang menjelang ajal. Perasaan hati yang tersentuh muncul saat merawat pasien terlantar yang menjelang ajal tanpa didampingi keluarga. Perawatan End of Life lebih berfokus pada perawatan suportif, sedangkan dukungan spiritual tidak dapat diberikan di IGD karena karakteristik lingkungan yang sibuk dan lebih memprioritaskan pasien kritis. Hal ini menimbulkan konflik dan dilema bagi perawat sehingga diperlukan adanya ruangan khusus dan team kerohanian untuk menyiapkan kematian yang damai dan bermartabat.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.025/OSE/s/2016/041611267
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:43
Last Modified: 15 Mar 2017 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158230
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item