Pengaruh Gel Ekstrak Etanol Daun Kamboja (Plumeria Acuminate) Terhadap Jumlah Limfosit Pada Proses Penyembuhan Ulkus Mukosa Rattus Norvegicus

Kartikasari, Herlina (2016) Pengaruh Gel Ekstrak Etanol Daun Kamboja (Plumeria Acuminate) Terhadap Jumlah Limfosit Pada Proses Penyembuhan Ulkus Mukosa Rattus Norvegicus. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ulkus pada rongga mulut merupakan suatu lesi umum yang sering dijumpai di bidang kedokteran gigi. Ulkus yang paling sering terjadi adalah ulkus traumatik. Salah satu pengobatan yang digunakan untuk penyembuhan pada ulkus rongga mulut adalah menggunakan Triamcinolone acetonide 0,1%, tetapi dalam penggunaannya obat ini memiliki efek samping local berupa penipisan kulit, perburukan kondisi infeksi, dandermatitis kontak. Salah satu kandungan ekstrak etanol daun kamboja(Plumeria acuminate) yaitu flavonoid berfungsi merangsang rekrutmen sel radang, salah satunya adalah limfosit. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan rancangan penelitian “Post Test Only Randomized Control Group Design” untuk mengetahui pengaruh gel ekstrak etanol daun kamboja (Plumeria acuminate) terhadap jumlah limfosit pada proses penyembuhan ulkus mukosa labial (Rattus norvegicus) yang diinduksi panas. Sampel dipilih dengan menggunakan tehnik “Simple Random Sampling” kemudian di tempatkan dalam 3 kelompok,yaitu: kelompok kontrol negatif (K-), kelompok kontrol positif (K+) dan kelompok perlakuan (P). Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah jumlah limfosit pada jaringan ulkus mukosa tikus diukur dari sediaan HPA dengan pengecatan HE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah limfosit pada kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan. Analisis data menggunakan one way ANOVA menunjukkan bahwa perubahan jumlah pada setiap perlakuan berbeda secara bermakna (p 0,05). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pemberian gel ekstrak etanol daun kamboja (Plumeria acuminate) tidak meningkatan jumlah limfosit dalam proses penyembuhan ulkus mukosa (Rattus norvegicus) yang diinduksi panas.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/615.323 93/KAR/p/2016/041603598
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.3 Organics drugs
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 May 2016 08:44
Last Modified: 12 May 2016 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158103
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item