Effect of Nigella Sativa Extract on Inflammatory Cells, Interleukin-10, Interferon-γ and Histological of Kidney Induced by Monosodium Glutamatein Rats

Yousif, AbdalraufAMahmud (2015) Effect of Nigella Sativa Extract on Inflammatory Cells, Interleukin-10, Interferon-γ and Histological of Kidney Induced by Monosodium Glutamatein Rats. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi bahan makanan tambahan seperti Monosodium Glutamat (MSG) telah terbukti dapat mengganggu kesehatan. Penggunaan Nigella Sativa sebagai obat herbal dapat mengurangi toksik yang diakibatkan oleh MSG karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan resiko penggunaan MSG dan mempelajari peranan NS dalam menghambat proses inflamasi dan kerusakan ginjal. Dua Puluh empat tikus putih jantan (wistar) yang berumur 2-3 bulan, dengan berat 180-240 g dibagi menjadi enam kelompok. Kelompok 1 (kontrol) diberi aqudes, kelompok 2 diberi secara oral dengan dosis 1g MSG/kg/bb/hari dalam aquades. Kelompok 3, 4 dan 5 diberi secara oral dengan dosis 1g MSG setiap pagi dan diberi NS dengan dosis 100, 200, 400 pada setiap sore, sesuai urutan kelompok. Kelompok 6 diberi NS dengan dosis 200mg/kg/bb/hari. Tikus dianalisis darahnya pada hari ke 30 untuk diukur jumlah sel, sitokin, dan histologi ginjal. Analisis histologi dilakukan pada setiap group kecuali kontrol. Hasil menunjukkan terjadi abnormalitas pada beberapa pembuluh darah, pendarahan pada beberapa tubulus, dan pelabaran pada tubulus ginjal. Hal tersebut membuktikan adanya dilatasi pada kapsula Bownman dan penyusutan glomeruli, dan area vakuola juga dibandingkan dengan kontrol. IL-10 diketahui menurun pada kelompok 2, 3, 4 dan 5, sedangkan pada kelompok NS mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kontrol. IFN-γ mengalami peningkatan pada kelompok 2, 3, 4 dan mengalami penurunan pada kelompok 5 dan 6 jika dibandingkan dengan kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan MSG pada tikus dapat berpengaruh pada sel-sel inflamatori, sitokin dan histologi ginjal. NS diketahui memiliki manfaat pada pengujian parameter darah, Tapi pada dosis tersebut juga berbahaya untuk ginjal. Kata Kunci: Monosodium Glutamat, Nigella Sativa, Inflamasi, Ginjal, IL-10, IFN-γ, Sel darah Putih, Tikus Wistar.

English Abstract

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/615.323 34/YOU/e/2015/041507077
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.3 Organics drugs
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2015 13:49
Last Modified: 12 Oct 2015 13:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item