Pengaruh Pemberian Alfatokoperol Terhadap Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (Vegf) Dan Jumlah Arteriole Spiralis Pada Endometrium Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Yang Dipapar Asap Rokok

Aritonang, Juneris (2014) Pengaruh Pemberian Alfatokoperol Terhadap Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (Vegf) Dan Jumlah Arteriole Spiralis Pada Endometrium Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Yang Dipapar Asap Rokok. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merokok merupakan kebiasaan yang dapat memicu timbulnya masalah kesehatan di masyarakat dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dunia. Data World Health Organization (WHO) tahun 2008 memprediksi kematian akibat merokok akan mencapai 10 juta orang pertahunnya dan 70% di negara-negara berkembang pada tahun 2030. Indonesia termasuk tiga terbesar perokok di dunia, dengan jumlah perokok mencapai 65,2 juta jiwa (28 %) penduduk Indonesia. Fakta yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah 4,8 juta perokok adalah perempuan . Asap rokok mengandung sekitar 4000 senyawa kimia beracun (Dechanet, et al. 2011) dan bersifat karsinogenik diantaranya adalah hidrokarbon aromatik polisiklik, nitromin, logam berat, amina aromatik. Asap rokok yang dihisap mengandung gas (karbon monoksida, karbondioksida, oksida dan senyawa hidropkarbon) yang akan mengalami oksidasi dan komponen partikel (tar, nikotin, benzopiren, fenol dan cadmiun) yang mengalami reduksi . Pichandi, et al. 2011 dalam penelitiannya melaporkan bahwa nitrosamine, benzo(a)pyrene, akrolin, cadmium adalah bahan kimia rokok mampu merusak struktur DNA. Reactive Oxygen Species (ROS) yang dihasilkan rokok seperti H2O2, NO-, HO- da O2-, berpotensi mengakibatkan lipid peroksidasi pada membran sel dan menurunkan fungsi antioksidan endogen superoxide dismutase (SOD) dan glutathione (GSH) yang berperan penting dalam melindungi sel dari menstimulus stress oksidatif. Lipid peroksidasi akan menurunkan antioksidan dan terjadinya stress oksidatif akibat peningkatan level ROS yang melebihi antioksidan. Stress oksidatif tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel, jaringan atau organ (Wu, et al. 2003).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/612.399/ARI/p/041401550
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.3 Digestive system
Divisions: S2/S3 > Magister Kebidanan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Apr 2014 11:23
Last Modified: 03 Apr 2014 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157966
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item