Peran Penerapan Komunikasi Perawat terhadap Persepsi Kepuasan Klien di Ruang IGD RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya

Kasuma, WijayaAtmaja (2013) Peran Penerapan Komunikasi Perawat terhadap Persepsi Kepuasan Klien di Ruang IGD RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Klien yang dirawat di ruang instalasi gawat darurat dengan berbagai tingkat perawatan, memerlukan k omunikasi dan keterampilan interpersonal perawat dalam pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas. Komunikasi perawat-klien memegang peranan penting dalam proses pengumpulan data pengkajian dan riwayat kesehatan. Komunikasi yang baik akan mempengaruhi keselamatan dan kepuasan pasien di ruang gawat darurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat perawatan terhadap persepsi kepuasan klien melalui penerapan komunikasi perawat dengan klien diruang IGD RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah potong lintang (cross sectional ), dengan menggunakan analisis regresi linier. Sampel penelitian ini sebanyak 120 orang klien yang melakukan interaksi dan komunikasi dengan perawat ruang IGD RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam komunikasi perawat-klien di ruang IGD dipengaruhi oleh tingkat perawatan klien, sedangkan persepsi kepuasan klien dipengaruhi secara signifikan oleh komunikasi verbal sebesar 26,3%, tahapan komunikasi perawat dengan koefisien determinasi sebesar 12,8%, dan tahap komunikasi serta komunikasi verbal sebesar 5%, sedangkan komunikasi non verbal tidak mempengaruhi persepsi kepuasan klien.

English Abstract

Clients when treated in the emergency department with various levels of care, require good communication and interpersonal skills of nurses in providing quality health care. Nurse-client communication plays an important role in the process of data collection and assessment of medical history taking. Good nurses communication will affect on patient satisfaction in the emergency room. This study aimed to determine the effect of treatment on the perception of client satisfaction through the implementation of nurse communication with clients in emergency room dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Hospital. The approach used in this study is cross-sectional, using linear regression analysis. The research sample of 120 patient in interaction and communication with emergency room nurses dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Hospital. The results showed that the nurse-client communication in the emergency room is influenced by the client dependency care, while the clients perception of satisfaction was significantly influenced 26,3% by verbal communication, 12,8% by stages of communication and 5% by verbal communication and stages of communication. Clients perception of satisfaction was not influenced by non verbal communication.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/610.730 699/KAS/p/041307796
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Jan 2014 11:15
Last Modified: 16 Jan 2014 11:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157937
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item