Addiarto, Widya (2016) Pengaruh Pembelajaran Tabletop Disaster Exercise (Tde) Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Memberikan Penatalaksanaan Korban Pada Simulasi Tanggap Darurat Bencana. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada saat ini perawat dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penatalaksanaan korban bencana sebagai salah satu usaha mengurangi dampak bencana yang besar. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat adalah dengan memberikan pembelajaran bencana sejak awal kepada mahasiswa keperawatan. Pembelajaran bencana pada perkuliahan membutuhkan metode yang tepat untuk diterapkan. Menurut studi pendahuluan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara di Jurusan Ilmu Keperawatan FKUB pembelajaran bencana menggunakan metode simulasi. Sejumlah 47% mahasiswa puas dan termotivasi dengan metode tersebut dikarenakan mahasiswa merasa lebih tertantang untuk bermain peran pada simulasi, sedangkan sebanyak 53% mahasiswa tidak puas dikarenakan merasa jenuh dan merasa terbebani dengan banyaknya materi ajar yang harus disimulasikan. Sedangkan hasil wawancara dengan dosen pengajar mata kuliah, metode simulasi cukup efektif namun masih mempunyai kendala dalam pelaksanaannya diantaranya motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa yang rendah pada saat role play. Selain itu, metode simulasi ini masih parsial untuk masing-masing keterampilan penatalaksanaan korban bencana. Dengan demikian, diperlukan inovasi metode pembelajaran lain yang menarik dan dapat meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri mahasiswa yaitu metode Tabletop Disaster Exercise (TDE). Menurut beberapa penelitian sebelumnya TDE merupakan salah satu metode simulasi dalam ruang yang menarik serta dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa sehingga pengetahuan dan keterampilan penatalaksanaan korban bencana dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pembelajaran TDE terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa S1 Keperawatan dalam memberikan penatalaksanaan korban pada simulasi tanggap darurat bencana. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental dengan rancangan pre-post test with control group design. Teknik penentuan sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling dengan menentukan mahasiswa semester VI Jurusan Ilmu Keperawatan FKUB sebagai responden. Sampel yang didapatkan adalah 36 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu perlakuan dan kontrol sehingga masing-masing terdiri dari 18 responden. Kelompok perlakuan diberikan pembelajaran TDE, sedangkan kelompok kontrol diberikan simulasi standar dengan modul. Hasil penelitian menggunakan uji t berpasangan menunjukkan perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan yang signifikan sebelum dan setelah pemberian intervensi pada masing-masing kelompok ditunjukkan dengan nilai (p = 0,000). Hasil uji uji t tidak berpasangan untuk mengidentifikasi perbedaan pengetahuan sesudah intervensi antara kedua kelompok memiliki nilai signifikansi (p = 0,000), sedangkan hasil mann whitney untuk mengidentifikasi perbedaan keterampilan kedua kelompok memiliki nilai signifikansi (p = 0,113). Hal ini artinya terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran simulasi TDE dan simulasi standar terhadap pengetahuan, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/610.73/ADD/p/2016/041611269 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel |
Divisions: | S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 08:55 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157910 |
Text
WIDYA ADDIARTO.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |