Analisis Dinamik Model Predator-Prey dengan Fungsi Respon Ratio-dependent dan Perlindungan pada Prey serta Pemanenan yang Optimal pada kedua Populasi

Robby, RizkaRizqiRobby (2016) Analisis Dinamik Model Predator-Prey dengan Fungsi Respon Ratio-dependent dan Perlindungan pada Prey serta Pemanenan yang Optimal pada kedua Populasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tesis ini dibahas analisis dinamik model predator-prey dengan fungsi respon ratio-dependent dan perlindungan pada prey serta pemanenan pada kedua populasi. Dalam hal ini predator dan prey diasumsikan sama-sama memiliki nilai ekonomi. Pada model yang dikaji juga ditambah asumsi adanya naluri berlindung prey dari ancaman predator. Analisis dinamik dilakukan dengan menentukan titik kesetimbangan beserta syarat eksistensinya dan menganalisis kestabilan lokal titik kesetimbangan tersebut. Berdasarkan hasil analisis, terdapat dua titik kesetimbangan yang eksis dengan syarat tertentu yaitu titik kepunahan predator yang stabil tanpa syarat dan titik kedua populasi hidup berdampingan yang stabil asimtotik lokal dengan syarat tertentu. Selanjutnya, pemanenan yang optimal ditentukan dengan menggunakan prinsip maksimum Pontryagin. Hasil simulasi numerik menunjukkan kesesuaian dengan hasil analisis.

English Abstract

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/591.53/ROB/a/2016/041611365
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 591 Specific topics in natural history of animals > 591.5 Behavior
Divisions: S2/S3 > Magister Statistika, Fakultas MIPA
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 May 2017 14:02
Last Modified: 08 May 2017 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157838
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item