Rancang Bangun Model Potensi Banjir pada Ruas Jalan di Kota Malang Menggunakan Logika Fuzzy

Dewanto, WahyuKurnia (2013) Rancang Bangun Model Potensi Banjir pada Ruas Jalan di Kota Malang Menggunakan Logika Fuzzy. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang masalah banjir, telah banyak dilakukan baik itu dari sisi model deteksi, prediksi, peramalan, permodelan, monitoring banjir, maupun pasca banjir dan penanggulangannya. Metode yang digunakan sangat bervariasi, statistik, regresi, spasial, sampai menggunakan pengindraan jarak jauh. Obyek penelitian yang telah dilakukan pada umumnya adalah banjir DAS. Penelitian mengenai banjir pada ruas jalan sangat jarang dilakukan.Tulisan ini merupakan penelitian tentang model potensi banjir, yang terjadi pada ruas jalan di Kota Malang menggunakan logika fuzzy. Obyek penelitian yang digunakan adalah jalan-jalan di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Model logika fuzzy yang digunakan pada penelitian kali ini adalah logika fuzzy sugeno orde-nol. Hasil luaran dari dari fuzzy ini adalah status banjir, yaitu potensi banjir kecil, potensi banjir sedang, dan potensi banjir besar. Dari hasil validasi pengujian yang telah dilakukan menggunakan data tahun 2008, hasilnya adalah sesuai (valid). Hasil penelitian dapat diintegrasikan dengan DSS, dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan Tata guna lahan dan perbaikan drainase, bagi Dinas Pekerjaan Umum.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/551.489/DEW/r/041307534
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Feb 2014 16:39
Last Modified: 04 Feb 2014 16:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157624
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item