Telemetri Aktivitas Seismik 3C dan Data Visual Gunung Api Secara Realtime Menggunakan Media Komunikasi WiFi 2.4GHz,

Alwan, Chotib (2017) Telemetri Aktivitas Seismik 3C dan Data Visual Gunung Api Secara Realtime Menggunakan Media Komunikasi WiFi 2.4GHz,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemantauan aktivitas gunung berapi dapat dilakukan dengan melihat atau memonitor beberapa perilaku fisik sebagai parameter tanda akan adanya letusan. Salah satu yang dapat di monitoring adalah aktivitas seismik atau getaran disekitar gunung berapi. Dari aktivitas seismik yang terpantau secara real time ini akan bisa dilakukan monitoring dari jarak jauh dengan sebuah sistem komunikasi atau telemetri, untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai salah satu parameter penunjang keputusan status dari sebuah gunung berapi. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan sebuah instrumen komunikasi jarak jauh untuk WSN seismik dengan jangkauan yang jauh dan dalam kecepatan tinggi untuk mendukung sistem monitoring sensor atau jaringan sensor terpadu yang mampu memberikan informasi secara terpadu, akurat real time dan online, murah, hemat energi dan dengan standar keamanan yang tinggi, dan juga mudah duplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem komunikasi telemetri jaringan sensor terpadu untuk wilayah geografis gunung berapi dengan kelebihan sistem dapat memberikan informasi parameter fisik dari kondisi gunung berapi yang akurat, real time, online, kecepatan transmisi yang tinggi, mudah diduplikasi, fleksibilitas untuk penambahan sensor yang lain. Dengan media komunikasi telemetri wifi 2.4GHz akan bisa diciptakan dan dikembangkan sistem WSN seismik dan visual yang mampu bekerja di daerah geografis yang sulit seperti pegunungan, dengan jarak jangkauan yang cukup jauh, sehingga aktivitas monitoring gunung api akan lebih cepat dan meminimalkan resiko korban jiwa dari pelaku monitoring. Konsep utama penelitian ini adalah perancangan perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi dalam jaringan WSN yang dibentuk dan kemungkinan adanya langkah opsional yang harus dilakukan jika perancangan seperti yang ada pada metodologi mengalami kegagalan. Fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah desain perangkat keras komunikasi nya. Pada pengujian, karena hanya menggunakan satu node, maka desain dapat disederhanakan. Node diberlakukan juga sebagai access point. Sistem monitoring disambungkan secara nirkabel dengan node. Pada penelitian sebelumnya, komunikasi nirkabel digunakan dengan memakai gelombang radio pada frekuensi 433MHz. Hal ini memiliki banyak kelemahan diantara nya bandwith yang sempit untuk data digital yang kapasitasnya besar seperti data visual, mudah terinterferensi dan jarak jangkauan lebih pendek. Dalam penelitian ini berhasil digunakan modul telemetri yang lebih baik dengan menggunakan gelombang frekuensi tinggi 2,4GHz. Modul yang digunakan adalah Bullet2HP sebagai Wifi Amplifier dan sekaligus access point, yang keuntungan lainnya adalah dapat dialamati dan dienkripsi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/551.220 287/ALW/t/2017/041702242
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.2 Volcanoes, earthquakes, thermal waters and gases
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 May 2017 10:19
Last Modified: 03 May 2017 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157583
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item