Pendekatan Generalized Estimating Equation (Gee) Pada Data Logitudional Dalam Generalized Linear Model (Glm

Sui, JekyMelkianus (2016) Pendekatan Generalized Estimating Equation (Gee) Pada Data Logitudional Dalam Generalized Linear Model (Glm. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Generalized Linear Model (GLM) adalah model linier di mana peubah respons menyebar tidak normal, dapat diterapkan pada data pengukuran berulang atau data longitudional. Namun pada data ini antar pengamatan pada peubah respons saling berkorelasi sehingga harus diatasi agar menghasilkan kesimpulan yang tepat. Generalized Estimating Equation (GEE) merupakan suatu pendekatan dalam menangani masalah data berkorelasi dan lengkap dengan struktur korelasi, sehingga pola korelasi yang terbentuk dari respons pengamatan dapat diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menduga parameter model GLM pada data longitudinal dengan menggunakan penduga GEE dan menentukan penduga GEE dengan struktur korelasi berbeda antara independence, exchangeable, auto-regressive1 dan unstructured. Data dalam penelitian ini adalah IPK mahasiswa program studi statistka angkatan 2012/2013 dari semester I sampai semester IV. Penentuan struktur korelasi yang digunakan pada GEE berdasarkan nilai Quation Likelihood Critterian (QIC). Hasil penelitian ini menunjukan struktur korelasi AR(1) merupakan penduga yang paling efisien, karena memiliki nilai QIC terkecil sebesar 440.2533.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/519. 544/SUI/p/2016/041602006
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Mar 2016 15:35
Last Modified: 31 Mar 2016 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157470
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item