Prasetyo, AgustianAji (2017) Optimasi Jalur Tercepat Dengan Menggunakan Modifikasi Algoritma Bellman Ford (Studi Kasus Lintasan Antar Kecamatan Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat Kota Malang dalam melakukan perjalanan antar kecamatan pasti memilih jalur tercepat untuk mencapai tujuannya, karena dapat menghemat waktu, tenaga serta bahan bakar. Namun karena topografi Kota Malang yang termasuk dalam katagori pegunungan dan sering terjadi kemacetan, maka akan menghambat seseorang untuk melakukan aktifitas antar kecamatan di Kota Malang. Metode Bellman Ford adalah salah satu metode dalam menentukan optimasi jalur tercepat antar kecamatan Kota Malang. Dengan menggunakan modifikasi Bellman Ford dalam menentukan jalur tercepat sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan bahan bakar. Lintasan terpendek merupakan bagian dari teori graph, jika diberikan graph berbobot, masalah jarak terpendek adalah bagaimana mendapatkan jalur pada graph yang meminimalkan jumlah bobot sisi pembentuk jalur tersebut. Persoalan ini adalah permasalahan untuk menentukan optimasi dari beberapa alternatif solusi penyelesaian yang efektif dan digunakan untuk penentuan track terpendek pada suatu graph.Algoritma Bellman-Ford menghitung jarak terpendek (dari satu sumber) pada sebuah graph berbobot, dimana dari satu sumber menghitung semua jarak terpendek yang berawal dari satu titik node Dengan memodifikasi algoritma bellman ford di mungkinkan untuk memberikan pembobotan beberapa kriteria dibandingkan dengan algoritma bellman ford asli yang hanya memungkinkan untuk mendefinisikan jarak tanpa kriteria tambahan. Di dalam Algoritma Bellman Ford ini yang akan di modifikasi pada awalnya hanya menghitung semua jalur dari titik awal ketitik akhir tujuan yang terbentuk dalam suatu graph agar ditemukan jalur terpendek berdasarkan data yang di dapat dari peta,data-data tersebut yaitu jarak jalan, titik persimpangan jalan dan koordinat tempat asal dan tujuan Waktu tempuh yang singkat dipengaruhi oleh jarak dan kecepatan sedangkan kecepatan di pengaruhi oleh lebar jalan, mulus tidaknya kondisi jalan,tanjakan dan kepadatan kendaraan. Oleh karena itu selain jarak ditambahkan faktor-faktor lebar jalan, kondisi jalan, tanjakan dan kepadatan jalan dalam Algoritma Bellman ford
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/518.1/PRA/o/2017/041702249 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 518 Numerical analysis > 518.1 Algorithms |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 May 2017 10:28 |
Last Modified: | 03 May 2017 10:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157465 |
Actions (login required)
View Item |