Implementasi Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis)-Minkowski Untuk Identifikasi Biometrik Iris Mata Menggunakan Image Processing

Umam, BusroAkramul (2016) Implementasi Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Anfis)-Minkowski Untuk Identifikasi Biometrik Iris Mata Menggunakan Image Processing. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biometrik adalah salah satu bidang yang berkembang sangat pesat untuk identifikasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi identifikasi biometrik iris mata manusia menggunakan metode ANFIS-Minkowski dengan memanfaatkan image processing yang mampu memperbaiki tingkat akurasi identifikasi yang hanya dilakukan dengan metode ANFIS saja. Sistem ini dapat melakukan pengidentifikasian pada area iris tertentu, kemudian dilakukan proses color feature extraction (ekstraksi fitur warna) dan dengan mengimplementasikan ANFIS-Minkowski, fitur-fitur warna yang dianalisa dibandingkan dengan database sehingga dapat dikenali siapa pemiliki iris tersebut. Dari hasil penelitian, sistem ini mampu mengindentifikasi iris mata dengan ketelitian sampai 91.43% untuk proses cropping citra iris secara acak dan menghasilkan akurasi 100% untuk identifikasi dengan proses cropping dengan ukuran tetap. Teknologi ini memberikan sebuah alternatif solusi yang relatif lebih stabil dan aman untuk sebuah mekanisme identifikasi maupun proteksi dalam keamananan sistem.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/516.374/UMA/i/2016/041611224
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 516 Geometry > 516.3 Analytic geometries
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:59
Last Modified: 30 Mar 2017 14:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157464
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item