Kesalahan Pengucapan Vokal Depan Bahasa Inggris Oleh Mahasiswa Semester I Universitas Nasional Timor Lorosa’e

Tilman, RosadaCosta (2015) Kesalahan Pengucapan Vokal Depan Bahasa Inggris Oleh Mahasiswa Semester I Universitas Nasional Timor Lorosa’e. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pengucapan vokal depan bahasa Inggris oleh mahasiswa semester I Universitas Nasional Timor Lorosa`e di Timor Leste. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari enam orang, dimana lima orang merupakan partisipan mahasiswa, sedangkan satu orang merupakan penutur asli Portugis yang tinggal di Timor Leste. Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan bahasa kedua, banyak penyimpangan yang dilakukan mahasiswa khususnya dalam pengucapan vokal depan bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan hasil rekaman pengucapan vokal depan bahasa Inggris pada minimal pair oleh masing-masing partisipan, dengan pengucapan native speaker bahasa Inggris. Kemudian, hasil rekaman tersebut diverifikasi dengan spektogram untuk mengetahui forman F1 dan F2 yang dihasilkan masing-masing partisipan pada software Praat. Fokus utama dari penelitian ini adalah empat bunyi vokal depan bahasa Inggris /i/, /I/, /Ԑ/ dan /æ/. Melalui penelitian ini, peneliti mampu mendeskripsikan kesalahan pengucapan vokal depan bahasa Inggris oleh mahasiswa semester pertama dan oleh partisipan native Portugis; dan faktor yang mungkin mempengaruhi kesalahan mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengucapan vokal depan bahasa Inggris oleh partisipan mahasiswa dan partisipan native Portugis berbeda dari standar yang diucapkan oleh native Inggris. Contohnya kata beat/bit/ diucapkan dengan cara yang sama dengan mengucapkan bit/bIt/. Begitu pula dengan minimal pair bed/bԐd/ - bad/bæd/. Sebagai tambahan, bunyi vokal yang diucapkan paling jauh dari standar adalah vokal /I/ dan /æ/. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini disebabkan oleh adanya interferensi bunyi dan tata bahasa yang mempengaruhi pengucapan vokal bahasa Inggris partisipan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa partisipan mahasiswa belum menguasai pengucapan vokal depan bahasa Inggris karena masih dipengaruhi oleh sistem pengucapan bahasa Portugis. Kata Kunci: Kesalahan pengucapan, vokal depan bahasa Inggris, mahasiswa semester satu Universitas Nasional Timor Lorosa`e.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/421.52/TIL/k/2015/041507006
Subjects: 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English > 421.52 Spelling (Orthography) and pronunciation
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2016 10:34
Last Modified: 06 Jan 2016 10:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157424
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item