Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Aktivitas Pasar pada Simpang Jalan Raya Duduksampeyan Kabupaten Gresik

Purbaya, Muhammad (2014) Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Aktivitas Pasar pada Simpang Jalan Raya Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki populasi penduduk kategori pesat dan berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi Jawa Timur yakni kota Surabaya. Beberapa Masalah sering yang timbul ketika semakin pesatnya populasi penduduk disuatu wilayah, salah satunya ialah masalah kemacetan. Kemacetan terjadi karena beberapa sebab, diantaranya tidak seimbangnya antara jumlah kendaraan dengan fungsi sarana prasarana jalan. Daerah yang sering menjadi langganan kemacetan adalah daerah Duduksampeyan, di mana terdapat simpang jalan tidak bersinyal dengan empat lengan yang merupakan simpang jalan sangat sibuk disetiap jamnya. Padatnya kendaraan dikarenakan jalan tersebut merupakan jalan utama pantura, sehingga aktivitas kendaraan-kendaraan berat dari daerah Jawa Timur menuju daerah luar jawa timur dan sebaliknya melewati simpang jalan Duduksampeyan yang merupakan jalan mayor. Di jalan minor Simpang Jalan Duduksampeyan juga terdapat palang pintu kereta api dan pasar yang juga sangat padat aktivitasnya sehingga juga mempengaruhi aktivitas simpang jalan Duduk Sampeyan. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang dampak lalu lintas akibat pengoperasian Pasar Duduksampeyan terhadap Simpang Jalan Raya Duduksampeyan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara Diskriptif Analitis. Pendekatan yang dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, artinya data yang dikumpulkan merupakan data perhitungan dari survei di lapangan. Pengambilan sampel penelitian dilakukan pada saat jam operasional pasar antara pukul 05.00 sampai pukul 17.00 selama 12 jam. Hari yang dianggap paling memungkinkan untuk pendataan diambil tiga hari yang dapat mewakili hari-hari dalam satu minggu yakni hari sabtu, minggu dan senin. Setelah sampel didapat kemudian dianalisis menggunakan form USIG yang akan didapatkan kapasitas dan derajat kejenuhan. Hasil penelitian Simpang Jalan Duduksampeyan memiliki geometri jalan botlle neck , yakni lebar jalan semakin sempit. Penyempitan terjadi pada Simpang Duduksampeyan yang disinyalir sering terjadi hambatan pergerakan dikarenakan aktivitas pasar. perhitungan analisis ruas Jalan Duduksampeyan dengan menggunakan komposisi kendaraan dari MKJI didapatkan hasil nilai V/C sebesar 1,379 pada sore hari sedangkan pada simpang mencapai 1,394 sehingga terjadi kemacetan lalu lintas pada pagi hari dan sore hari V/C 0,85. Tingkat pelayanan ruas Jalan Duduksampeyan masuk dalam kelas pelayanan jalan F, di mana kelas F mempunyai deskripsi yakni arus terhambat, kecepatan rendah, volume di bawah kapasitas dan kendaraan banyak berhenti serta didapatkan hasil kecepatan arus bebas di Jalan Duduksampeyan 53,90 km/jam. Dari perhitungan prediksi 5 tahun ke depan simpang tak bersinyal didapatkan nilai DS sebesar 0,85, di mana hal ini perlu dicarikan solusi agar kinerja simpang yang ada lebih baik.

English Abstract

Gresik regency is one of regencies in East Java province with a population of rapidly category and is directly adjacent to the capital of the province of East Java, Surabaya. Some of the problems that often arise when the rapid population of a region, one of which is the problem of congestion. Congestion occurs for several reasons, including the imbalance between the number of vehicles with road infrastructure functions. Areas that often become the bottleneck subscription is Duduksampeyan area, where there are unsignalized intersection with four arms which is a very busy intersection in each hour. Density of the vehicle because the road is a main road north coast, so that the activity of heavy vehicles from outside the area to the East Java East Java and vice versa pass Duduksampeyan intersection which is the major road. Minor street intersection Duduksampeyan also a doorstop train and markets are also very crowded activity so that also affects the activity Duduksampeyan intersection. Therefore, this research will discuss about the traffic impact due to the operation of the Duduksampeyan market on the intersection of highways Duduksampeyan. The method used in this study uses descriptive analytical way. Approach taken through a quantitative approach, meaning that the data collected from the survey is the calculation of data in the field. Sampling studies conducted during the operating hours of the market between 05.00 to 17.00 for 12 hours. Today is considered the most likely to take three days of data collection that can represent the days in a week in Saturday, Sunday and Monday. After the samples obtained and analyzed using a form that will be obtained USIG capacity and degree of saturation. Results Duduksampeyan road intersection has botlle neck road geometry, ie the width of the narrow road. Narrowing occurs at the intersection Duduksampeyan allegedly common market activity due to movement barriers. calculation analysis Duduksampeyan street using vehicle composition of MKJI results obtained values of V/C of 1.379 in the afternoon at the intersection to reach 1,394 while causing traffic jams in the morning and evening V/C 0.85. The level of service Duduksampeyan street included in the service class F, where F class has a description of the flow is hampered, low speed, capacity and volume under many vehicle stops and the results obtained free flow speed in the Road Duduksampeyan 53,90 km/h. Calculation of prediction the next 5 years unsignalized intersections obtained DS values of 0.85, where it is necessary to find a solution to the existing intersection performance better.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.413 1/PUR/a/041405808
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 Sep 2014 08:39
Last Modified: 22 Sep 2014 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157407
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item