Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Kargo Domestik Di Bandar Udara Juanda Surabaya

Prasetyo, Agus (2016) Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Kargo Domestik Di Bandar Udara Juanda Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan pelayanan transportasi udara, baik dalam memindahkan penumpang maupun barang sudah sewajarnya diimbangi dengan adanya angkutan udara yang aman, cepat, efisien, teratur, nyaman dan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi serta mampu memicu dan mendukung pembangunan pada sektor lainnya. Dengan melihat data peningkatan jumlah kargo di terminal domestik, pengoperasian terminal 2 Bandara Juanda sangat berpotensi mengurangi tingkat pelayanan yang ada baik itu dari sisi keamanan dan keselamatan. Selain itu Terminal Kargo Bandara Internasional Juanda Surabaya menggunakan "Regulated Agent" untuk menjaga keamanan dan peningkatan pelayanan jasa angkutan melalui lintas udara terhitung sejak tanggal 10 April 2013. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pelayanan di Terminal Kargo, membuat model hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan Terminal Kargo, memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan Terminal Kargo di Bandara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah Importance-Performance Analysis (IPA), Quality Function Deployment (QFD) dan Analisis Regresi Linier Berganda. Survei dilaksanakan dengan membagikan kuesioner serta wawancara terhadap responden yang berasal dari Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) dan dari Regulated Agent (RA). Jumlah responden didapat dari total populasi perusahaan yang beroperasi sebanyak 28, tiap perusahaan diambil 3 personil sehingga total responden yang didapat sebanyak 84 orang. Dari analisis IPA diketahui tingkat kinerja pelayanan yang masih perlu ditingkatkan adalah jumlah karyawan sebanding dengan kargo yang ditangani, kompensasi kerusakan barang atau hilang, antrian pelayanan yang teratur, kemudahan dalam penelusuran kargo, area lahan parkir dan sirkulasi kendaraan. Hasil analisis QFD menghasilkan prioritas penanganan yang harus dilakukan yaitu: penambahan SDM , pengaturan pergerakan karyawan, percepatan administrasi penggantian, pembuatan sistem antrian, pembuatan sistem penelusuran kargo, jaminan keamanan parkir. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, diperoleh model yang mempengaruhi tingkat kinerja pelayanan Terminal Kargo Domestik, model tersebut adalah Y = 35,51 + 2,45X1 + 2,56X3 + 3,9X4 + 2,08X5 dimana X1 adalah jumlah karyawan sebanding dengan kargo yang ditangani, X3 adalah antrian pelayanan yang teratur, X4 adalah Kemudahan dalam penelusuran kargo dan X5 adalah Area lahan parkir dan pergerakan kendaraan. Dari hasil pemodelan tersebut apabila dimasukkan rata-rata atribut X1,X3, X4 dan X5 maka nilai kinerja pelayanan terminal kargo 65,21. Ini dapat diartikan bahwa pelanggan cukup puas dengan pelayanan Terminal Kargo Domestik Bandara Juanda Surabaya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.044/PRA/k/2015/041601545
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.04 Special topics of transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jul 2016 13:44
Last Modified: 21 Jul 2016 13:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157371
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item