Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakanl,

Wahyudi, Johan (2016) Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakanl,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang dari kajian ini adalah, Pembangunan Terminal penumpang Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakan, Bandar Udara Kelas 1 Utama Juwata Tarakan merupakan Bandar Udara Pengumpul, Pembentukan Baru Kalimantan Utara Diasumsikan menambah pergerakan penumpang, serta diberlakukan peraturan baru Kemenhub no. PM 178 tahun 2015. Kajian ini dilakukan membahas tentang kenerja pelayanan pada saat ini menurut persepsi penumpang, serta proyeksi kapasitas berdasarkan proyeksi penumpang. Metode yang digunakan adalah metode Importance-Performance Analysis (IPA), Quality Function Deployment (QFD) dan Analisis Regresi Linier Berganda, serta analisa Kapasitas menurut PM. 178 tahun 2015. Responden adalah penumpang dan dari Pengelola Bandar Udara. Hasil dai kajian, Analisis IPA mendapatakan hasil berupa tingkat kinerja pelayanan yang masih perlu ditingkatkan adalah Waktu tunggu Pemeriksaan Memasuki Ruang tunggu keberangkatan (X5), Rambu Petunjuk dalam Terminal (X14), Informasi Angkutan Lanjutan setelah turun dari pesawat (X16), Ruang Perawatan Balita dan menyusui (X20), Ketersediaan Wifi/Internet (X26), Fasilitas Pembelian tiket Online (X27), Jumlah tempat duduk di ruang tunggu keberangkatan (X31), Luas ruang tunggu keberangkatan (X32), Luas ruang gerak penumpang (X35). Hasil analisis QFD menghasilkan prioritas penanganan yang harus dilakukan yaitu: Menambah Kekurangan Rambu dan Lay-out; Pemberdayaan ruang yang belum digunakan; Optimalisasi Ruangan; Penambahan dan pengaturan ulang tempat duduk; Menambah jumlah Personil; Penyesuaian rambu Informasi angkutan lanjutan; Koordinasi dengan pihak provider internet; Penambahan Peralatan Pemeriksaan Keamanan dan penunjang; Pembuatan jalur antrian; Perbaikan rambu fasilitas nursery; Mengoperasikan 2 X–Ray dan 2 Walk Trough Metal Detector; Penambahan fasilitas pembelian tiket online oleh Airline. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, diperoleh model Y=36,350+3,765X5+5,397X14+ 4.204X16+2,293X26+3,522X31+6,737X35. Proyeksi pertumbuhan didapatkan persamaan Y1= -1205049.072 + 50266.667X1(PDRB) + 2.306X2(Penduduk) dan Y2=315988.972+ 88680.9833X(tahun ke n). Nilai IAP4 1 tahun 2020-2024 adalah 0,72-0,61; IAP4 2 tahun 2021- 2025 adalah 0,75-0,61. LOS 1 mulai 2016=D dan 2028 = E. untuk LOS 2 tahun 2017 sampai 2030 adalah D.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/387.736 2/WAH/k/2016/041611234
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.7 Air transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Dec 2016 09:39
Last Modified: 28 Dec 2016 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157361
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item