Andrianto, Yudha (2016) Analisis Kinerja Pelayanan Pemanduan Kapal Terhadap Waktu Tunggu (Waiting Time) di Pelabuhan Tanjung Perak. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja operasional pelabuhan menggambarkan tingkat pelayanan yang meliputi pelayanan kapal (labuh, tambat, pandu, tunda dan air) dan pelayanan barang (jasa dermaga dan penumpukan). Indonesia telah menetapkan 25 pelabuhan utama, akan tetapi kinerja pelabuhan tersebut belum optimal, dengan didasarkan pada data waktu tunggu sandar pelabuhan di Indonesia mencapai 48 jam ke atas. Kinerja waktu tunggu kapal untuk bisa sandar di pelabuhan yang paling efisien dari 25 pelabuhan utama di Indonesia hanya ada di Ambon (18 jam), Balikpapan (22 jam), dan Jayapura (21 jam). Pelabuhan Tanjung Perak (36-46 jam) adalah waktu yang cukup lama dari 3 pelabuhan yang paling efisien dan berdampak pada meningkatnya biaya logistik dan biaya produksi barang. Karena pengaruh dari waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan kerugian mencapai sekitar Rp 7 juta per hari per kapal yang cukup merugikan pengguna jasa. Penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting kinerja pelayanan pemanduan kapal dengan menghitung waktu tunggu kapal pada periode tertentu pada tahun 2015 dan faktor-faktor aspek pelayanan pemanduan yang mempengaruhi waktu tunggu serta memberikan strategi perbaikannya dan mengetahui permasalahan-permasalahan dengan mengelompokan pada beberapa bagian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis IPA untuk mengetahui kinerja dan kepentingan yang dihasilkan dari persepsi pengguna jasa, mendapatkan faktor yang berpengaruh terhadap waktu tunggu dengan regresi linier berganda berdasarkan persepsi pengguna jasa, analisis SWOT secara subjektif sebagai strategi perbaikan-perbaikan yang didapat dari hasil analisis IPA untuk faktor internal dan wawancara yang dimasukan pada faktor eksternal dengan pengguna jasa serta penggunaan analisis tulang ikan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang mengakibatkan menurunnya kinerja pelayanan pemanduan kapal. Hasil penelitian kinerja pelayanan pemanduan di pelabuhan Tanjung Perak saat ini dinilai tidak sesuai dengan standar kinerja, terdapat 5.883 kapal dari 8.956 jumlah kunjungan kapal dalam 1 tahun memiliki waktu tunggu 2-3 jam bahkan ada yang lebih dari 3 jam. Persepsi pengguna jasa tidak puas terhadap kinerja pelayanan pemanduan kapal, dinilai penting untuk tingkat kepentingannya yaitu ketepatan pelayanan dokumen, SBNP, kesiapan kapal tunda/pandu dan ketersediaan fasilitas untuk petugas pandu. Diperoleh persamaan regresi Y=42.325-0,476X1-0,786X2-0,429X3-0,501X4-0,303X5-0,510X6, dimana X1=Pelayanan Dokumen, X2=Prasarana Pemanduan, X3=Sarana Bantu Pemanduan, X4=Alur Pelayaran, X5=SBNP dan X6=Terminal dengan nilai (R2) sebesar 0,790 atau 79.0% pengaruh antara variabel-variabel bebas dengan variabel terikat. Pada hasil sumbangan efektif terbesar adalah Prasarana Pemanduan (X2) sebesar 22,81%. Beberapa hasil analisis dari kuadran I pada analisis IPA untuk kelemahan dan kuadran II untuk kekuatan pada faktor internal dan hasil wawancara dan observasi lapangan menjadi faktor eksternal pada peluang dan ancaman untuk mendapat strategi perbaikan yaitu perlu adanya pembaharuan SISPRO pemanduan kapal untuk kerjasama di bidang usaha penyediaan pelaksanaan pelayanan pemanduan kapal dan perawatan alur pelayaran, serta mengintegrasikan sistem dokumen dan kenavigasian untuk melakukan kegiatan monitoring dan pengawasan pelayanan pemanduan kapal yang lebih baik. Hasil analisis tulang ikan yaitu, metode, mesin, kebijakan, peralatan dan manusia yang dapat menurunkan kinerja pelayanan pemanduan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak. Dengan didapat hasil analisis tersebut pada penelitian ini maka dapat dijadikan acuan perbaikan untuk mengurangi waktu tunggu yang berdampak pada meningkatnya biaya logistik yang selama ini menimbulkan kerugian yang ditanggung oleh pihak pengguna jasa dan konsumen
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/387.166/AND/a/2016/041611193 |
Subjects: | 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 14:12 |
Last Modified: | 05 Jan 2017 14:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |