Kajian Kinerja Angkutan Barang di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo

Saikudin (2014) Kajian Kinerja Angkutan Barang di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian Kota Probolinggo dan hinterland -nya yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Keberadaan Pelabuhan Tanjung Tembaga, menjadi sangat penting. Selain sebagai sarana untuk penunjang aktivitas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam perdagangan antar pulau, juga diharapkan mampu mengurangi beban kepadatan transportasi darat di jalur utama Surabaya-Banyuwangi yang semakin padat. Dalam rangka pemanfaatan peluang dan dukungan industri-industri di wilayah belakang ( hinterland ) yang berpotensi tinggi dalam melakukan kegiatan pengapalan barang melalui pelabuhan Tanjung Tembaga dan bongkar muat barang yang tidak jauh dari pusat industrinya, maka keberadaan pelabuhan Tanjung Tembaga dirasakan cukup penting sebagai alternatif lain fasilitas pengiriman barang melalui jalur laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo saat ini, mengetahui tingkat kepuasan operator dan pengguna jasa angkutan barang terhadap fasilitas pelabuhan barang yang disediakan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, serta membuat rekomendasi arah pengembangan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo sesuai fungsi dan hasil evaluasi para pengguna fasilitas pelabuhan angkutan barang. Demi mencapai tujuan penelitian, maka digunakan metode IPA dan SWOT untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja pelayanan angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Tembaga. Dari hasil analisis, maka untuk tingkat kepentingan dan kepuasan yang menggunakan metode IPA didapatkan hasil Kuadran 1, tingkatkan kinerja adalah ketersediaan fasilitas dan peralatan b o ngkar muat barang, ketersediaan area parkir kendaraan di pelabuhan, kondisi dermaga, aksesibilitas gudang ke dermaga, aksesibilitas dermaga ke jalan, aksesibilitas gudang dengan jalan raya , sistem penerangan di pelabuhan serta ketersediaan terminal peti kemas. Sedangkan untuk metode SWOT didapatkan strategi SO1 Melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa angkutan barang/pemilik barang untuk menggunakan/menyewa lapangan penumpukan yang tersedia, karena masih cukup luas, meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan pelabuhan sehingga menambah daya tarik bagi pengguna jasa angkutan barang, meningkatkan dkualitas SDM di pelabuhan Tanjung Tembaga sehingga pelayanan jasa angkutan barang dapat optimal, meningkatkan pelayanan operator bongkar muat barang.

English Abstract

Port of Tanjung Tembaga aimed at improving the economy Probolinggo City and its hinterland which leads to increased well-being of society. The existence of Tanjung Tembaga Port, becomes very important. Than as a means to support activities in the Port of Tanjung Perak inter-island trade, is also expected to reduce the burden of road transport congestion in the main lanes of Surabaya-Banyuwangi increasingly crowded. In order to utilize the opportunities and support industries in the rear area (hinterland) with high potential for doing a shipment of goods through the port of Tanjung Tembaga and unloading of goods which are not far from the center of the industry, the existence of the port of Tanjung Tembaga felt quite important as an alternative to the facility delivery of goods by sea. The purpose of this study was to determine the performance of freight at the Port of Tanjung Tembaga at Probolinggo City, to determine the operator and user satisfaction level freight services to port facilities supplied goods at Tanjung Tembaga Port, and make recommendations towards the development of Tanjung Tembaga Port appropriate functions and user evaluation results of the port facilities of freight. To determine the performance of freight, used through primary and secondary data collection. To achieve the objective, the IPA method was used. Then SWOT analysis was used to determine the strategy for the port service performance. From the analysis, the level of interest and satisfaction using IPA, in Quadrant 1 get results, improve performance is the availability of facilities and equipment for loading and unloading, availability of vehicle parking areas at ports, docks conditions, accessibility of the warehouse to the dock, the dock accessibility to the highway, accessibility warehouse to the highway and lighting system at the port. While strategies for the SWOT obtained SO1 strategies, improve the security and comfort in the port environment, maintaining the quality of human resources and improve service operator loading and unloading of goods.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/387.164/SAI/k/041407843
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Jan 2015 11:23
Last Modified: 21 Jan 2015 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157355
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item