Kajian Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Hartini, CitraVidya (2014) Kajian Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, kepentingan pelabuhan yang semula lebih ditekankan pada aspek penumpukan, bergeser pada aspek hubungan mata rantai transportasi dan pertemuan antar moda transportasi. Dengan demikian, pelabuhan harus dapat menyesuaikan diri dengan sistem transportasi yang murah, efisien dan efektif. Aspek efisiensi dan efektifitas berhubungan erat dengan kinerja pelabuhan. Lokasi studi adalah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang merupakan salah satu penopang perekonomian Jawa timur. Tujuan kajian adalah untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak, mengetahui prediksi tingkat kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak di masa mendatang dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan operasionalnya. Dalam kajian ini evaluasi kinerja diukur berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/18/DJPL-11 tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan (SKPOP). Metode yang digunakan pada kajian adalah analisis korelasi regresi dan IPA ( Importance Performance Analysis ). Analisis korelasi regresi digunakan untuk memprediksikan kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan IPA ( Importance Performance Analysis ) digunakan untuk menjawab perumusan masalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dari hasil kajian didapatkan kesimpulan bahwa secara keseluruhan tingkat kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tahun 2013 sudah memenuhi standar SKPOP 2011. Disamping itu hasil kajian ini juga mendapatkan kinerja waktu tunggu kapal pada tahun 2016 diprediksikan sudah di atas 2 jam dan bahkan pada tahun 2020 diatas 4,5 jam, kinerja waktu pelayanan pemanduan pada tahun 2016 diprediksikan sudah di atas 7 jam, kinerja tingkat penggunaan dermaga pada tahun 2016 diprediksikan sudah di atas 80% dan kinerja tingkat penggunaan gudang/lapangan penumpukan pada tahun 2016 diprediksikan sudah di atas 70%. Kajian ini juga mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan operasional pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang perlu menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, antara lain jumlah dan kondisi kapal tunda, jumlah dan kondisi kapal pandu, ketersediaan gudang/lapangan penumpukan, ketersediaan jumlah dan jenis alat B/M dan kondisi jalan. Saran yang diberikan, antara lain penambahan armada kapal tunda dan kapal pandu yang layak untuk dioperasikan, pembangunan dermaga/terminal baru atau perluasan dermaga, pembangunan gudang baru atau lapangan penumpukan diperluas, penambahan jumlah dan jenis alat B/M barang di darat/dermaga dan perbaikan jalan akses di pelabuhan.

English Abstract

Today, the port importance that previously was emphasized at the storage aspect, shifts to the relationship of transportation chain links and the meeting among the transportation modes. So, port should able to adapt itself with the cheap, efficient, and effective transportation system. The efficiency and effectiveness aspects relate closely with the port performance. The study location at the Tanjung Perak Port of Surabaya as one of supports of East Java economy. The study aimed at knowing the performance level of operational service of Tanjung Perak Port, knowing the prediction of performance level of operational service of Tanjung Perak Port in the future and knowing the factors that influence the operational service performance. In this study, the performance evaluation is measured based on General Directorate of Sea Transportation Decree No. UM.002/38/18/DJPL-11 about Performance Standard of Port Operational Service (SKPOP). The used method in the study is correlation regression and IPA (Importance Performance Analysis). Correlation regression analysis was used to predict the operational service performance of Tanjung Perak Port of Surabaya. While IPA (Importance Performance Analysis) was used to answer the problem formulation about factors that influence the operational service performance of Tanjung Perak of Surabaya. From the study, it is concluded that entirely the operational service performance level of Tanjung Perak Port of Surabaya in 2013 has fulfilled the standard of SKPOP 2011. Beside that the results of this study also obtained waiting time performance in 2016 has been predicted over 2 hours and even in 2020 over 4,5 hours, approach time performance in 2016 is predicted to have above 7 hours, berth occupancy ratio performance in 2016 is predicted to have above 80 % and shed occupancy ratio performance in 2016 is predicted to have above 70%. The study also got factors that influence the operational service performance of Tanjung Perak Port of Surabaya that should be the main priority to be improved, such as amount and condition of tug boat, amount and condition of pilot boat, warehouse/storage yard availability, availability of amount and type of loading and unloading equipments and road condition. Some of suggestion such as increasing the number of tug boat and pilot boat, build a new dock/pier or terminal expanded, build a new warehouse or storage yard expanded, increasing the number and type of loading and unloading equipments and repair access roads in the port.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/387.15/HAR/k/041404461
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 27 Aug 2014 10:31
Last Modified: 27 Aug 2014 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157350
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item