Darmadi (2016) Kajian Kinerja Pelayanan Angkutan Penyeberangan Lintas Kariangau-Penajam, Balikpapan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai sebuah fasilitas umum angkutan massa, kinerja pelayanan angkutan penyeberangan sering mendapatkan sorotan dari masyarakat. Salah satunya adanya keluhan masyarakat terhadap kinerja pelayanan angkutan penyeberangan lintas Kariangau- Penajam yang menyatakan bahwa waktu penggunaan sistem pelayanan penyeberangan lama sehingga penumpang harus antri di pelabuhan atau lama di atas kapal menunggu bongkar muat. Untuk menjawab keluhan masyarakat tersebut maka diterapkanlah pola operasional kapal 10-2 (10 kapal operasi dan 2 standby) dari yang sebelumnya pola 8-4 (8 kapal operasi dan 4 standby). Tujuan kajian untuk mengetahui pola pergerakan dan pelayanan angkutan penyeberangan di pelabuhan penyeberangan Kariangau dengan sistem operasional kapal 10-2 dan mengetahui kinerja pelayanan angkutan penyeberangan lintas Karingau-Penajam dengan sistem operasional kapal 10-2 berdasarkan persepsi pengguna jasa. Pengumpulan data pola pergerakan dan pelayanan angkutan penyeberangan diperoleh dari observasi lapangan yang dilakukan dari tanggal 11 Mei 2015 sampai dengan 14 Mei 2015 sedangkan data kinerja pelayanan angkutan penyeberangan berdasarkan persepsi pengguna jasa dikumpulkan dengan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner. Jumlah sampel untuk data kinerja pelayanan dihitung berdasarkan rumus Isac Michel dengan toleransi kesalahan 0,05 dan diperoleh jumlah sampel minimal 384 dan untuk menghindari kekurangan data maka dalam kajian ini digunakan sampel 400 responden. Metode analisa data yang digunakan terdiri dari antrian untuk mengukur pola pergerakan dan pelayanan angkutan penyeberangan, Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengukur kinerja pelayanan angkutan penyeberangan berdasarkan persepsi pengguna dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna jasa. Berdasarkan hasil analisis antrian, pola kedatangan kendaraan roda-4 yang terjadi di Pelabuhan Kariangau mengikuti distribusi Poisson dengan rata-rata waktu untuk pelayanan kapal menurunkan kendaraan roda 4 adalah 0,338 menit/kendaraan, menaikkan kendaraan adalah 0,460 menit/kendaraan dan rata-rata waktu manuver kapal adalah 4,88 menit/kapal sehingga diperoleh waktu baku kapal berkisar antara 17,65 – 29,62 menit. Waktu rata-rata menunggu kendaraan selama 10,53 menit/kendaraan. Fasilitas pelabuhan Kariangau saat ini masih memadai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa hal ini ditandai dengan tingkat utilitas sistem yang menunjukkan angka 1. Berdasarkan hasil analisis kuadran IPA, atribut pelayanan angkutan penyeberangan berdasarkan persepsi pengguna jasa yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki kinerjanya (Kuadran I) adalah atribut kebersihan kamar mandi/WC di kapal, ketepatan waktu tiba di pelabuhan tujuan, ketepatan waktu lamanya perjalanan, kondisi sirkulasi udara di kapal dan adanya pemberitahuan peragaan pemakaian alat-alat keselamatan di kapal. Hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa besarnya nilai CSI adalah 69% yang merepresentasikan bahwa penilaian pengguna jasa terhadap kinerja pelayanan angkutan penyeberangan lintas Kariangau-Penajam masuk dalam kategori Puas. Untuk pola pergerakan dan pelayanan angkutan penyeberangan yang masih memadai perlu dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya, sedangkan untuk waktu puncak seperti pada saat lebaran dapat diantisipasi dengan menerapkan manajemen lalu lintas penyeberangan untuk kondisi padat. Permasalahan yang ada dalam kuadran I IPA, solusi alternatifnya dengan menempatkan cleaning service yang standby bertugas menjaga kebersihan toilet, menjalin komunikasi antar kapal yang selalu update posisi agar bisa memenuhi time schedule yang ditetapkan, penambahan unit air conditioner ataupun kipas angin dengan diameter yang disesuaikan dengan luas ruang yang dilayani, peragaan penggunaan alat-alat keselamatan dapat dilakukan oleh crew kapal atau melalui rekaman visual.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/386.6/DAR/k/2016/041602001 |
Subjects: | 300 Social sciences > 386 Inland waterway and ferry transportation > 386.6 Ferry transportation |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 14:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 14:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157346 |
Actions (login required)
View Item |