Strategi Pemberdayaan Keluarga Miskin Perkotaan Di Bidang Pendidikan (Studi Kasus Di Kelurahan Ujung Kecamatan Semampir Kota Surabaya)

Wibowo, TeguhPandityanto (2016) Strategi Pemberdayaan Keluarga Miskin Perkotaan Di Bidang Pendidikan (Studi Kasus Di Kelurahan Ujung Kecamatan Semampir Kota Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah memperkenalkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk meningkatkan cakupan pendidikan pada keluarga miskin. Keterbatasan program BSM adalah sifat program yang berupa bantuan uang tunai. Program penanggulangan kemiskinan yang berupa uang tunai hanya akan membantu masyarakat dalam waktu sebentar, setelah uang bantuan itu habis maka masyarakat akan kembali tidak berdaya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan merumuskan rekonstruksi rancangan model pemberdayaan pendidikan pada keluarga miskin perkotaan yang dapat melengkapi keterbatasan program BSM. Salah satu LSM yang melakukan pemberdayaan di bidang pendidikan adalah Indonesian Street Children Organisation (ISCO). Pelaksanaan program pemberdayaan keluarga miskin yang dilakukan oleh ISCO merupakan contoh salah satu model program pemberdayaan di bidang pendidikan sebagai solusi dari adanya keterbatasan program BSM dari Pemerintah Pusat dan pelengkap dari program CSR di bidang pendidikan yang dilakukan oleh BUMN dan pihak swasta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian di lakukan di Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya. Data dikumpulkan dan dicari dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan teknik model analisis interaktif (interactive model of analysist) dari hasil penelitian lapangan. Penulis menggunakan Teori Pilihan Rasional dari Coleman dalam menganalisa partisipasi orang tua keluarga miskin dalam program pemberdayaan ISCO dan Konsep ACTORS dari Cook dan Macaulay untuk menganalisa strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh ISCO. Hasil penelitian ini antara lain, yaitu diperlukan adanya evaluasi dan penyempurnaan dari pelaksanaan program pemberdayaan yang dilakukan oleh ISCO sehingga program pemberdayaan ISCO dapat sesuai dan tepat untuk menjadi rancangan model pemberdayaan di bidang pendidikan untuk dapat melengkapi keterbatasan dari Program BSM dan pelengkap dari

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/379. 11/WID/s/2016/041602180
Subjects: 300 Social sciences > 379 Public policy issues in education
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Mar 2016 09:42
Last Modified: 30 Mar 2016 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157314
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item