Hamza, Sahriar (2014) Sistem Koreksi Soal Esai Otomatis dengan Menggunakan Metode Rabin Karp. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap proses pembelajaran memerlukan suatu evaluasi berupa ujian. Berdasarkan jenis ujian dapat dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu ujian pilihan ganda, ujian isian singkat dan ujian esai. Ujian dalam bentuk pilihan ganda dan ujian singkat merupakan jenis ujian yang seringkali digunakan khusunya dalam ujian e-learning , namun dua jenis ujian tersebut memiliki kelemahan terutama untuk materi-materi tertentu dibandingkan ujian dalam bentuk esai. Ujian dengan sistem esai dapat melatih dalam menyampaikan sesuatu informasi secara verbal. Ujian esai juga menuntut pemahaman yang lebih baik akan suatu ilmu dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat pemahamam manusia akan suatu ilmu secara lebih mendalam. Pada proses e-learning jenis ujian yang banyak digunakan adalah jenis ujian pilihan ganda dan ujian singkat. Alasannya adalah kemudahan dalam proses penilaian. Perangkat Komputer yang menjadi komponen penting dalam proses e-learning lebih mudah dalam melakukan penilaian ujian pilihan ganda dan ujian singkat secara akurat dibandingkan dengan melakukan penilaian jenis ujian esai. Penelitian ini menjelaskan suatu sistem yang berbasis web agar memudahkan akses bagu user. Sistem penilaian yang dipergunakan adalah Metode Rabin Karp. Bagi metode ini memiliki ciri khas hanya mencari kata atau kalimat yang sama antar jawaban siswa dan kunci jawaban kemudian melakukan hashing untuk mengubah kata atau kalimat menjadi numerik tanpa memperhatikan makna linguistiknya pada kata atau kalimat. Kalaupun metode ini relatif sederhana namun memiliki tingkat koreksi yang cukup baik. Pada perancangan ini penulis menggunakan metode SDLC untuk menggambarkan proses tahapannya yang meliputi langkah perancangan sistem atau planing, Analisis System, Perancangan, Implementasi, dan Pengujian sehingga menghasilkan sebuah sistem koreksi soal esai yang digunakan untuk menilai hasil kerja siswa. Prototype ini telah diuji dengan menggunakan lembar kerja ujian siswa sekolah SMK Bina Mandiri di Kota Malang. Prototype ini telah berhasil mengoreksi jawaban siswa dengan materi Sosiologi dan Bahasa Indonesia dan memberikan sebuah nilai dari jawaban tersebut dengan melihat kesalaha antara 0.05% - 01% perbedaan rata-rata penilain sistem dan guru.
English Abstract
Every learning process requires an evaluation form of the exam. Based on the type of test can be done in three forms, namely the multiple-choice test, field test and short essay exams. Trials in the form of multiple choice and short test is a type of test that is often used especially in e-learning test, but the two types of tests have drawbacks, especially for certain materials than the exam in essay form. Exams with essays system can train in conveying something verbal information. Essay exam also requires a better understanding of a science and can be used to measure the level of human pemahamam be a science in more depth. In the e-learning process that is widely used types of exams are multiple choice type of test and the short test. The reason is the ease in the assessment process. Computer devices are an important component of e-learning process easier in assessing multiple choice exam and a brief examination accurately compared by assessing the type of essay exams. This study describes a web-based system to facilitate user access to Fab. The scoring system used is the method of Rabin Karp. For this method has the characteristic of just looking for the same word or phrase between the responses of the students and then perform hashing answer key to change the word or phrase into a numerical regardless of the linguistic meaning of the word or phrase. Even if this method is relatively simple but has a pretty good level of correction. In this design method the author uses to describe the stages of SDLC which includes system design step or planing, System Analysis, Design, Implementation, and Testing to produce an essay about the corrections system is used to assess students work. This prototype has been tested using a test worksheet Bina Mandiri vocational school students in Malang. This prototype has been successfully corrected students answers with Sociology and Indonesian materials and provide a value of the answer by looking Mistake between 00:05% - 01% difference in the average assessment system and teacher.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/371.260 285/HAM/s/041404689 |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 16:05 |
Last Modified: | 10 Sep 2014 16:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157280 |
Actions (login required)
View Item |