Konstruksi Indikator Akuntabilitas Dan Transparansi Kebijakan Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (Studi Pada Pendidikan Dasar Non Negeri Kementerian Agama Kota Blitar)

Hariswati, Nurul (2015) Konstruksi Indikator Akuntabilitas Dan Transparansi Kebijakan Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (Studi Pada Pendidikan Dasar Non Negeri Kementerian Agama Kota Blitar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan membangun konstruski indikator akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dengan cara menganalisis implementasi pengelolaan keuangan serta menemukan hambatan dan kendala teknis, yang disesuaikan dengan satuan pendidikan yang berbeda tingkat heterogenitasnya dengan kondisi sosio kultur organisasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi multi kasus yang mengambil dua kasus satuan pendidikan non negeri. Proses penelitian melalui dua tahap. Tahap pertama peneliti menemukan indikator implementasi akuntabilitas dan transparansi dari beberapa informan. Tahap selanjutnya, informan kunci menilai tingkat kepentingan akuntabilitas melaui AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil penilaian skala prioritas diukur sebagai bahan evaluasi untuk diperbandingkan dengan indikator yang terdapat pada petunjuk teknis pengelolaan BOS. Hasil akhir penelitian multi kasus ini menunjukkan: pertama, muncul kendala dan hambatan, seperti tidak diatur hak dan kewajiban sekolah non negeri dalam hal perpajakan. Kendala satuan pendidikan berkategori kecil hampir sama seperti sekolah besar, tetapi lebih difokuskan pada frekwensi kerterlambatan pencairan dana BOS serta besarnya dana masih belum mencukupi untuk operasional sekolah. Kedua, implementasi transparansi satuan pendidikan besar memunculkan indikator publikasi yang sifatnya lebih modern, seperti publikasi via web dan call center. Di sisi lain, implementasi transparansi satuan pendidikan kecil menggunakan standar minimal petunjuk teknis BOS. Ketiga, hasil konstruksi indikator akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan berbeda disebabkan petunjuk teknik belum menunjukkan tingkat kepentingan setiap satuan pendidikan seperti penggunaan alokasi dana bantuan yang berkaitan langsung dengan kepentingan siswa serta alokasi yang sifatnya kepentingan operasional sekolah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.22/HAR/k/2015/041600108
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jul 2016 14:06
Last Modified: 22 Jul 2016 14:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157278
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item