Model Komunikasi Kyai dengan Santri (Studi Fenomenologi pada Pondok Pesantren “Ribathi” Miftahul Ulum)

Nasvian, MochFuad (2013) Model Komunikasi Kyai dengan Santri (Studi Fenomenologi pada Pondok Pesantren “Ribathi” Miftahul Ulum). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah ada sejak masa awal Bangsa Indonesia. Pesantren merupakan merupakan tempat dimana ilmu agama Islam dan budaya asli Indonesia disandingkan dan disebarkan, namun keberadaan mereka saat ini banyak dituding sebagai sumber dari terorisme, khususnya pasca serangan WTC New York 2011 lalu. Keberadaan pesantren sendiri tidak lepas dari sosok seorang Kyai sebagai sumber penyampai ilmu khususnya agama Islam, dan sebagai tokoh masyarakat yang dituakan. Penempatan posisi Kyai dalam pondok pesantren saat ini tidak lepas dari komunikasi yang dilakukan beliau terhadap santri, dimana dengan segala keterbatasannya, Kyai harus mampu tetap menjadi pengayom santri dan pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun, memahami dan menganalisis model komunikasi Kyai dengan santri, khususnya pada konteks Pondok Pesantren “Ribathi” Miftahul Ulum. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah kajian yang memperkaya pemikiran dan data mengenai komunikasi dari perspektif budaya timur. Penelitian ini diharapkan menjadi bagian dari upaya kontekstualisasi agama Islam yang relevansinya dianggap minim dalam kehidupan saat ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode fenomenologi, yang didukung dengan teknik pengumpulan data dengan pengamatan pemeranserta. Fenomenologi digunakan untuk memahami bagaimana seseorang mengalami dan memberi makna pada sebuah pengalaman. Jadi merupakan riset terhadap dunia kehidupan orang-orang, pengalaman subjektif mereka terhadap kehidupan pribadi sehari-hari. Jadi kebenaran murni berasal dari statement obyek penelitian. Hasil penelitian ini berupa konstruksi model Komunikasi Kyai dan santri di Pondok Pesantren Ribathi Miftahul Ulum terbentuk dari interaksi tinggi antara Ustadz dengan Kyai, serta Ustadz dengan Santri, dimana Ustadz berfungsi sebagai pihak yang mampu menyambungkan komunikasi Kyai dengan santri. Model Komunikasi Kyai dan santri di Pondok Pesantren Ribathi Miftahul Ulum dipengaruhi oleh dipengaruhi oleh konsep Akhlak, Status Kyai dan Kharisma Kyai. Pendidikan akhlak merupakan cara Kyai untuk membentuk konteks komunikasi dalam pondok, yang akan memudahkan manajemen juga transfer ilmu dalam kegiatan pesantren. Sedangkan status dan kharisma Kyai merupakan faktor penambah legitimasi komunikator dalam konteks pondok pesantren.

English Abstract

Boarding school is an educational institution of Islam that has existed since the early days of the Indonesian nation. Pesantren (Islamic School) is a place where Islamic religious knowledge and indigenous Indonesian culture combined and overspread, but their existence is currently widely blamed as the source of terrorism, particularly after the WTC attack New York, 2011. The Boarding existence can not be separated from the figure of a Kyai as a transmitter of knowledge sources, especially Islam, and as the elder community leaders. Kyai position in boarding school at this time can not be separated from his communications made to the students, which with all its limitations, Kyai should be able to remain as the boarding protector and students. The purpose of this study is to formulate, understand and analyze models Kyai communication with students, especially in the context of the Boarding Schools Ribathi "Miftahul Ulum. This study is expected to be a study that enriches thought and communication of data on the east culture perspective. This study is expected to be a part of Islam that contextualization is considered minimal relevance in todays life. This study used a qualitative methodology with a phenomenological method, which is supported by the observation partisipatory data collection techniques. Phenomenology is used to understand how a persons experience and give meaning to an experience. So is the worlds research on the lives of people, their subjective experience of the everyday personal life. So the truth is purely derived from the statement of objects of research. The results of this study in the form of model construction and Kyai Communication students at boarding school Ribathi Miftahul Ulum formed from high interaction between Ustadz with Kyai, and Ustadz with students, which serves as the party Ustadz able to connect Kyai communication with students. Communication Model Kyai and students at boarding school Ribathi Miftahul Ulum influenced by influenced by the concept of morality, Kyai`s charisma and Kyai`s status. Kyai moral education is a way to establish communication in the context of the lodge, which will also facilitate the transfer of knowledge in the management of boarding activities. While the status and charisma Kyai enhancer factor communicator legitimacy in the context of the boarding school.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.102 2/NAS/m/041406413
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.1 Teachers and teaching, and related activities
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 06 Oct 2014 14:00
Last Modified: 19 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157275
[thumbnail of 041406413.pdf] Text
041406413.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item