Strategi Perencanaan Jaminan Kesehatan Semesta Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Dan Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Banyuwangi)

Litawati, Haspilu (2016) Strategi Perencanaan Jaminan Kesehatan Semesta Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Dan Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Banyuwangi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan dalam pelaksanaan jaminan kesehatan yang saat ini dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi dengan cara mendeskripsikan dan memahami kondisi jaminan kesehatan yang saat ini dilaksanakan. Setelah mengetahui kondisi saat ini beserta peluang dan tantangan dalam pelaksanaannya, kemudian disusun suatu scenario beserta strategi agar dapat tercapai jaminan kesehatan semesta di Kabupaten Banyuwangi sesuai target nasional pada tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode TAIDA sebagai alat bantu penyusunnan scenario dan strategi untuk menghadapi tiap skenario yang mungkin terjadi. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan aspek pengubah yang paling berpengaruh dan tidak pasti berasal dari kategori politik (politic) dan kemasyarakatan (societal). Didapatkan empat skenario, yaitu skenario A, skenario B, skenario C, dan skenario D. Agar tercapai tujuan jaminan kesehatan semesta pada tahun 2019, diperlukan penerapan strategi yang tepat sesuai kondisi yang mungkin terjadi berdasarkan penggambaran skenario yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/368.42/LIT/s/2016/041601632
Subjects: 300 Social sciences > 368 Insurance > 368.4 Government-sponsored insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 May 2016 08:57
Last Modified: 03 May 2016 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157269
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item