Usman, MuhYusuf (2014) Kajian Audit Keselamatan Jalan Raya Kapongan Kabupaten Situbondo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecelakaan lalu-lintas merupakan indikator utama tingkat keselamatan jalan raya. Kecelakaan di jalur pantura (pantai utara) sangatlah tinggi dari jumlah kualitas dan kuantitas yang ada. Kendaraan yang sering mengalami kecelakaan lalu lintas adalah kendaraan sepeda motor. Dari data Satlantas Polresta Situbondo menyebutkan, bahwa kecelakaan sepeda motor mendominasi jumlah peristiwa laka di jalur ini, di urutan kedua bus dan kendaraan berat. Kurangnya rambu jalan serta penerangan jalan pada malam hari merupakan salah satu faktor penyebab tingginya kecelakaan di jalur ini. Karena itu, tujuan dari kajian ini adalah mengetahui karekteristik kecelakaan lalu lintas, mengetahui lokasi rawan kecelakaan ( blackspot ), dan membuat langkah penanganan perbaikan daerah rawan kecelakaan dari pihak terkait untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Kapongan Kabupaten Situbondo. Dari hasil analisis-analisis yang telah dilakukan dalam kajian ini terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan kesimpulan, antara lain trend kecelakaan terbanyak, kecelakaan dalam rentang waktu 5 tahun berfluktuasi, terjadi pada tahun 2012 mencapai 517 kejadian. Dari hasil pelaksanaan Audit Keselamatan Jalan, pada STA 200+300 marka jalan sudah mengelupas, hilang, sehingga perlu dilakukan pengecatan ulang serta masih banyak obyek pinggir jalan yang berbahaya ( Roadside Hazardous Object ) seperti tiang lampu penerangan jalan, tiang rambu lalu lintas, dan pepohonan. Rekomendai penanganan pada lokasi studi yaitu sebelum memasuki tikungan simpang pasar (STA 200+300) perlu dipasang alat pengendali kecepatan ( speed humb ) dan rambu peringatan.
English Abstract
Traffic accidents are a major indicator of the level of road safety. Accidents in the path of Jalur Pantura is higher than the number of existing quality and quantity. Vehicles are often experienced traffic accidents are motorcycle. Traffic data from Situbondo Police Office said that a motorcycle accident dominated the lacquer events in this pathway, in order both buses and heavy vehicles. The lack of road signs and street lighting at night is one of the factors causing the high accident at this point. Therefore, the purpose of this study was to determine the characteristics of the traffic accident, knowing the location of the accident-prone (blackspot), and make a step improved handling accident-prone areas of stakeholders to reduce the rate of traffic accidents on Highway Kapongan Situbondo. From the results of analyzes that have been done in this study, there are several things that can be concluded , among other trends most accidents, accidents in a span of 5 years fluctuated, occurred in the year 2012 reached 517 events. From the results of the implementation of the Road Safety Audit, at STA 200 + 300 road markings already peeling, missing, so it needs repainting and many dangerous roadside objects (Roadside Hazardous Object) such as street lighting poles, traffic light poles, and trees. Rekomendai treatment at the study site ie before entering the intersection corner market (STA 200 + 300) needs to be installed speed control devices (speed humb) and warning signs.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/363.125/USM/k/041408174 |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 10:30 |
Last Modified: | 12 Jan 2015 10:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157182 |
Actions (login required)
View Item |