Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang

Marsaid (2013) Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah sepeda motor di Kabupaten Malang berdampak pada peningkatan jumlah kecelakaan. Penyebab kecelakaan lalu lintas sepeda motor disebabkan oleh faktor-faktor pengendara, kendaraan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor di wilayah Polres Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk deskriptif analitik dengan desain Cross Sectional dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara faktor manusia dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor yang meliputi faktor lengah (p=0,000), mengantuk (p=0,017), mabuk (p=0,044), lelah (p=0,004), tidak terampil (p=0,000), tidak tertib (p=0,000) dan kecepatan tinggi (p=0,000). Faktor kendaraan tidak ada hubungan yang bermakna dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor. Faktor lingkungan fisik menunjukkan ada hubungan yang bermakna dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor yang meliputi faktor jalan menikung (p=0,028) dan hujan (p=0,010). Sedangkan hasil analisis uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pengendara sepeda motor berdasarkan kekuatan hubungannya dari yang terbesar ke yang terkecil yaitu tidak tertib (OR=100,227), kecepatan tinggi (OR=99,570), lelah (OR=81,523), mengantuk (OR=81,371), lengah (OR=14,671), mabuk (OR=10,388), tidak terampil (OR=8,477), lampu kendaraan tidak menyala (OR=8,252) dan jalan menikung (OR=4,468). Faktor manusia memegang peranan penting dalam terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga diperlukan suatu kebijakan agar pengendara sepeda motor lebih tertib dan taat pada rambu-rambu lalu lintas pada saat berkendara.

English Abstract

increase in the number of motorcycles in Malang impact on increasing the number of accidents. Cause of motorcycle accidents are caused by driver factors, vehicle and the environment . This study aims to analyze the factors associated with the incidence of traffic accidents on motorists in the area of Malang Police. This study includes a descriptive analytic cross sectional design and purposive sampling techniques. The results showed there is a significant relationship between human factors with the incidence of traffic accidents on motorists off guard covering factor (p = 0.000), drowsiness (p = 0.017), drunk (p = 0.044), fatigue (p = 0.004), unskilled (p = 0.000), not orderly (p = 0.000) and high speed (p = 0.000). Vehicle factors no significant correlation with the incidence of traffic accidents on motorists. Physical environmental factors showed no significant correlation with the incidence of traffic accidents in which motorists factors include road cornering (p = 0.028) and rainfall (p = 0.010). While the results of Logistic Regression analysis showed that the most dominant factors associated with the incidence of traffic accidents motorcyclists based power connection from the largest to the smallest is not orderly (OR = 100.227), high speed (OR = 99.570), fatigue (OR = 81.523), sleepiness (OR = 81.371), careless (OR = 14.671), drunk (OR = 10.388), unskilled (OR = 8.477), vehicle lights do not light up (OR = 8.252) and the cornering (OR = 4.468). The human factor plays an important role in traffic accidents so we need a policy that motorcyclists more orderly and obey traffic signs when driving.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/363.125/MAR/f/041310777
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Apr 2014 09:18
Last Modified: 30 Apr 2014 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157178
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item