Kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang terhadap Keselamatan Kerja Industrial

Setyanegara, Bima (2010) Kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang terhadap Keselamatan Kerja Industrial. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hampir semua sektor kehidupan masyarakat telah terjamah oleh administrasi pengendalian dan pengakuan birokrasi dalam berbagai bentuk pelayanan khususnya dibidang ketenagakerjaan. Semua masyarakat membutuhkan berbagai macam bentuk pelayanan khususnya pelayanan dibidang ketenagakerjaan dari aparat pemerintah selaku pelayan masyarakat. Sudah menjadi kenyataan, bahwa berbagai kalangan masyarakat mengalami hambatan. Hambatan-hambatan tersebut meliputi tidak transparannya prosedur seperti persyaratan yang sedikit memberatkan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan. Banyaknya tuntutan masyarakat terhadap aparat pemeritah daerah khususnya pemerintah Kota Malang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tuntutan masyarakat tersebut merupakan akibat dari merosotnya mutu pelayanan publik di Indonesia yang terjadi disemua lini pemerintahan, baik itu pusat daerah bahkan sampai pada pemerintah kota/kabupaten. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya upaya peningkatan profesionalisme pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam memberikan jaminan keselamatan kerja industrial dan tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam mewujudkan tingkat keselamatan kerja industrial di Kota Malang pada bidang ketenagakerjaan dengan memberikan ijin rekomendasi pengesahan kelayakan alat kerja (K3). Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mencari dan mengkonsep serta menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian dan membangun dan menemukan adanya teori-teori baru yang berhubungan dengan hal penelitian. Sebagai fokus penelitian ini adalah kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan publik dan bentuk-bentuk pelayanan dibidang ketenagakerjaan yang diberikan oleh aparatur Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang kepada masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dinilai cukup baik. Hal itu tercermin dari kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi masyarakat, semangat kerja yang dimiliki oleh aparat Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam menjalankan tanggungjawabnya, dengan sikap seperti itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang mampu memberikan suatu pelayanan yang cukup bermutu kepada masyarakat. Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dilihat dari proses pelaksanaan pemberian pelayanan seperti prosedur atau tata cara, ketepatan waktu dan besaran biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk memperoleh suatu pelayanan dibidang kependudukan dinilai sangat cukup baik, hal tersebut tercermin dari semua mekanisme pelaksanaan memenuhi kriteria yang ditentukan seperti adanya unsur kejelasan dan kepastian, efisien dan ekonomis. Bentuk-bentuk pelayanan dibidang ketenagakerjaan yang sering diberikan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang antara lain bersifat administratif yang meliputi pemenuhan dokumen-dokumen, serta surat-surat keterangan yang menyangkut masalah ketenagakerjaan lainnya. Sedangkan pelayanan yang bersifat non administratif dilakukan sesuai program yang dicanangkan tiap tahunnya. Hendaknya Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan upaya yang harus ditempuh adalah dengan terus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan kewajiban sehingga akan didapat profesionalisme dalam menjalankan tugas. Untuk meningkatkan profesionalisme pegawai perlu diberikan pelatihan-pelatihan seperti bimbingan teknis yang berkaitan dengan cara dan prosedur dalam melayani masyarakat yang dilakukan setiap tahunnya. Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana penunjang juga harus dilakukan dengan harapan menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan publik khususnya dibidang ketenagakerjaan. Agar kualitas dan efisiensi dapat terwujud hendaknya Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang mengajukan permohonan penambahan personil agar dalam menjalankan tugas-tugasnya yang berintensitas padat tidak terhambat karena kurangnya jumlah pejabat fungsional teknis pengawas ketenagakerjaan.

English Abstract

Most of all society life sector has been touched by control administration and bureaucracy measurement in so many special service form at labors area. All societies` wants assorted service form especially service at labors from government as society waitress. But in the fact that various society circle has experienced obstacles. Obstacles cover not the transparent procedure, like rules that make a little stress to society as service users. Society demand quantity towards local government apparatus, especially in Malang city government can to give best service to society, society demand be the result decrease it public service quality in Indonesia that at all government lines, from the national, region, even until city government or regency. From troubleshoot, necessary official professionalism enhanced efforts existence in give public service. As this research`s internal issue is formulate how does official performance of Labor and City Social Department of Malang city in gives public service generally, and at service especially and besides everything public service forms at labor that given to Malang city community. While aim from this watchfulness are to describe official performance of Labor and City Social Department of Malang city in gives public service especially a labor and to describe public service forms that given especially at labor, and work tool eligibility ratification. This research uses descriptive method by using qualitative approaches as a mean to look for and make a concept and describe events that at research location and build and find new theories existence that research matter. As research`s focus is government performance in gives public service and service forms at labors that given by labor and City Social Department of Malang city to society. Research result shows that official performance of Labor and City Social Department of Malang city in give service to society is evaluated good enough. That can be showed from ability runs task and the responsibility as society slave, they have work spirit in run the responsibility, with that attitude, apparatus can to give certifiable service to society. Labor and City Social Department of Malang city is seen from service gift execution process likes procedure and customs and manners, time precision and the cost that taked by society to get service at labor area is evaluated very good enough, this matter is seen from all execution mechanisms fulfils criteria that determined to like existence backs clarity and certainty, efficient and economical. Service forms at labor often given by apparatus among others has administrative that cover documents fulfillment, with letters that concern another labor problems, while service has non administrative done as according to program that proclaimed every year. Should labor and City Social Department of Malang city then cope to increase service quality with efforts that must be good with then increase human resource ability pass education and training as according to task and duty so that be got professionalism in will run task. To increase official professionalism necessary given annually trainings like technical guidance related to manner and procedure in serve society. Enhanced and tool development and also must be done on the chance of create affectivity of supporting infrastructure and efficiency in public service especially at labor area. So that quality and efficiency can materialized should apparatus apply staff increasing in expectations of run the height intensity duties can not be retarded because the less of labors supervisor technical functional official.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/363.11/SET/k/041002528
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Dec 2010 12:38
Last Modified: 21 Dec 2010 12:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157175
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item