Analisa Gap untuk Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Property Demage) dengan Metode Servqual dan Metode Kaizen (5S) (Studi Kasus Pada Lab. dan Bengkel Teknik Mesin di Polit

Cante, Baso (2012) Analisa Gap untuk Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Property Demage) dengan Metode Servqual dan Metode Kaizen (5S) (Studi Kasus Pada Lab. dan Bengkel Teknik Mesin di Polit. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan praktek pada Lab. dan Bengkel Jususan Teknik Mesin Politeknik Negeri Samarinda berhubungan erat dengan penggunaan peralatan dan bahan praktek seperti: mesin-mesin penggerak, alat-alat yang menggunakan energi listrik, bahan kimia, alat pemotong, pelicin, gerinda, mesin las, dan lain-lain. Semua kegiatan yang menggunakan alat-alat seperti ini, berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja jika tidak mengikuti aturan-aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Property Demage ). Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan pada tools dan Material Praktek . Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mengungkapkan sebab-akibat suatu kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak oleh pelaksana di tempat kerja. Penelitian ini akan mengkaji apakah pelayanan dari manajemen K3 Deamage Property di Lab. dan Bengkel Jususan Teknik Mesin Politeknik Negeri Samarinda sudah bisa memuaskan pengguna atau belum. Untuk itu perlu diketahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pengguna. Untuk mengetahui tingkat Kersenjangan ( Gap ) antara Ekspektasi dan Persepsi pengguna dalam penelitian ini digunakan metode Servqual . Metode ini menggunakan user based-approach , yang mengukur kualitas jasa secara kuantitatif dalam bentuk kuesioner dan mengandung dimensi-dimensi kualitas jasa seperti: tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan empathy. Selanjutnya dilakukan program perbaikan dengan menerapkan metode Kaizen (5S) yang berorientasi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Lab. dan Bengkel Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahsiswa sebagai pengguna Lab. dan Bengkel. Data yang diperoleh sebanyak 120 buah kuesioner yang diisi lengkap, kemudian diolah dengan menggunakan software Microshoop EXEL dan SPSS 17.00. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa Persepsi pengguna terhadap kualitas jasa pelayanan manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Demage Property ) pada kondisi awal dengan nilai rata-rata: dimensi Reliability (keandalan) sebesar 2,98 (Cukup Memuaskan), dimensi Assurance (jaminan) sebesar 2,89 (Cukup Memuaskan), dimensi Tangible (bukti langsung) sebesar 2,99 (Cukup Memuaskan), dimensi Emphaty (empati) sebesar 3,25 (Cukup Memuaskan) dan dimensi Responsiveness (daya tanggap) sebesar 2,78 (Cukup Memuaskan). Setelah dilakukan perbaikan setiap dimensi servqual dengan metode Kaizen , pengumpulan data dilakukan kembali dengan kuisioner, dan diolah dengan SPSS 17.00, didapatkan Persepsi pengguna menjadi: dimensi Reliability sebesar 3,52 (sedang), dimensi Assurance sebesar 3,46 (sedang), dimensi Tangible sebesar 3,53 (sedang, Cukup Memuaskan), untuk dimensi Emphaty sebesar 3,68 (Cukup Memuaskan), dan untuk dimensi Responsiveness sebesar 2,96 (sedang). Hasil dari pengujian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan persepsi pengguna walaupun masih berada pada zona nilai sedang cukup memuaskan setelah dilakukan proses perbaikan dengan penerapan Metode Kaizen (5S).

English Abstract

The Workshop and Laboratory practicing activities are corelated with the usage of such tools and Material : the movable mechines, electric apparatus, chemical subtances, cutting tools, sharpness tools, grind stone, welding mechines, etc. All of the activities which are using these kind of tools are potentially happen on work accident at Tools and Material if people not followed by Healthy and Safety Environment rule. The principle of Healthy and Safety Environment is to find out and to bring up the weakness that eventually came up after the accident happened. It could be done by two ways: first is to review the cause and effect of any accident, and second is to find out wether an accurate controlling to do with or without in workplace. This research is to conduct wheres the Healthy and Safety Environment Management service in the Workshop and Laboratory has been expected the student or not. So, it need to find out the rate of expectation and perception of the student. To find out the rate of expectation, perception and the gap between student`s perception and expectation in this research is used Servqual method. This method used the user based-approach, wheres the merit quality measured by quantitive way on the questionaire form and contain of service quality dimention like: tangibles, responsiveness, reliability, assurance and empathy. The aim of this research is to do the improvement program in service quality control that used as an alternative proposal in service quality improvement based on customer satisfaction. This research held on Mechanical Department Workshop or Workshop and Laboratory at Samarinda State Polytechnic. The data collection is excacuted by spreading questionaire to the students. As the results, 120 completed questionaires have been collected, and then processed by using SPSS 17.00 software. The result of data processing shows that the student`s perception toward Healthy and Safety Environment K3 Demage Property Management service quality in the initial condition in the avarage value is: reliability point approximate 2.98 assurance point 2.89, tangible point 2.99, emphaty point 3.25 and responsiveness point 2.78. After the improvement conducting of every service quality by Kaizen method, the data collected again toward some quesionaires and processed by SPSS 17.00 software and then the student`s perception raised to: reliability point opproximate 3,52, assurance point 3,46, tangible point 3,53, emphaty point 3,68 and responsiveness point 2,96. The conclussion of this research is the student`s perception raised from avarage point to enough point after the improvement process.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/363.11/CAN/a/041202385
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 19 Nov 2012 12:59
Last Modified: 19 Nov 2012 12:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157173
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item