Partisipasi Petani Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Program Pembangunan Irigasi (Studi Kasus Hippa Di Desa Banyudono Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan)

Setyohadi, Else (2016) Partisipasi Petani Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Program Pembangunan Irigasi (Studi Kasus Hippa Di Desa Banyudono Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Banyudono merupakan wilayah memiliki sawah bagian hulu yang rawan kering. Salah satu desa di Kecamatan Ngariboyo dengan angka kemiskinan 30%, berdasarkan PPLS 2011 termasuk urutan ketiga dari tertinggi kemiskinannya sekecamatan Ngariboyo. Dinas PU Pengairan memberikan bantuan pembangunan irigasi guna memenuhi kebutuhan air irigasi pada Musim Kemarau. Kesadaran, motivasi serta keikutsertaan petani merupakan faktor yang sangat menentukan. Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan partisipasi petani dalam pembangunan irigasi dari pengambilan keputusan, sampai dengan pemanfaatan dan pelestarian 2). Mengetahui keterkaitan partisipasi petani pada program pembangunan irigasi dengan penanggulangan kemiskinan dari pola tanam, produktivitas dan pendapatan petani. Jenis Penelitian adalah kualitatif, dengan metode Studi Kasus, penentuan informan Purposive Sampling dan Snowball. Informan kasi SDA Dinas Pengairan, juru pengairan, ketua HIPPA, petani. Hasil penelitian 1). a. HIPPA aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan hanya memberikan usulan rencana tata tanam dan perbaikan. Keputusan rencana tata tanam ditetapkan Dinas Pengairan dalam rapat komisi irigasi, perbaikan ditetapkan dinas disesuaikan dana dan skala prioritas; Petani aktif pelaksanaan kegiatan keduk waled dan rehabilitasi saluran secara swakelola; Petani tidak ikut dalam pemantauan dan evaluasi Dalam pemanfaatan dan pelestarian hasil pembangunan irigasi petani mewujudkan efisiensi, efektivitas dan keberlanjutan sistem irigasi. Bekerja bakti memperbaiki saluran yang rusak. b). HIPPA bagian hilir pasif berpartisipasi dengan hambatan tidak adanya air permanen pada musim kemarau, adanya pungutan dari pemerintah dan kepengurusan tidak berhonor. 2). Partisipasi petani dalam pembangunan irigasi mampu merubah pola tanam, produktivitas dan pendapatan petani meningkat sehingga mampu menanggulangi kemiskinan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.5/SET/p/2016/041601591
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.5 Poor people
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jul 2016 14:26
Last Modified: 26 Jul 2016 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157146
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item