Widyaningrum, Kurnia (2015) Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Puri Bunda Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan jumlah pasien dan peningkatan kinerja rumah sakit seharusnya diikuti dengan peningkatan kualitas layanan. Dengan kualitas layanan yang baik maka kepuasan pasien akan meningkat dan akan kembali untuk menggunakan layanan. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kepuasan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kepuasan pasien sebelum dan sesudah pemberian pelatihan pelayanan prima serta mencari faktor kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Metode pada penelitian ini adalah dengan pre-post quasi experimental design. Responden merupakan pasien di unit rawat inap RSIA Puri Bunda yang menjalani perawatan minimal 2 hari. Total responden 181 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan rerata kepuasan pada P0 sebesar 3,86, P1 sebesar 4,29 dan P2 sebesar 4,06. Melalui uji Mann Whitney didapatkan perbedaan signifikan pada kelompok P1 dan P2 pada variabel product quality dengan nilai sig 0,010 dan emotional factor dengan sig 0,005. Saran kepada manajemen rumah sakit adalah mengadakan pelatihan berkesinambungan sehingga tercapai hasil yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/362.110 68/WID/a/2015/041602056 |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 13:28 |
Last Modified: | 14 Apr 2016 13:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157108 |
Actions (login required)
View Item |