Pelaksanaan Pelayanan Prima (Excellent Service) di Bidang Kesehatan : Suatu Kajian di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Soedjono Kabupaten Lombok Timur.

Iqbal, MuhammadArha (2010) Pelaksanaan Pelayanan Prima (Excellent Service) di Bidang Kesehatan : Suatu Kajian di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Soedjono Kabupaten Lombok Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 membawa implikasi tidak saja terhadap kewenangan daerah yang semakin besar/luas, akan tetapi termasuk tuntutan terhadap penyelenggaraan peran dan fungsi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat juga semakin tinggi. Semuanya menuntut pemberian pelayanan yang prima dari aparat pemerintah daerah. Pelayanan prima (Excellent Service) itu sendiri adalah tingkat mutu pelayanan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan atau melampauinya sehingga dapat memenuhi keinginan pelanggan. Pengertian prima mempunyai makna kepuasan pelanggan, permintaan pelanggan atau melebihi harapan pelanggan tanpa adanya keluhan. Oleh karena itu standar pelayanan mencakup antara lain sistem dan prosedur pelayanan, perilaku pemberi pelayanan, serta kepuasan pelanggan atau yang dilayani merupakan unsur-unsur pokok yang harus dicermati dalam penyelenggaraan pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa aspek-aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan pelayanan prima (excellent service) dan faktor pendukung dan penghambat pelayanan pima di bidang kesehatan yang diselenggarakan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Soedjono di Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian yang telah dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Soedjono maka hasil analisis dari dari pelaksanaan pelayanan prima di bidang kesehatan sudah dilakukan itu dapat dilihat dari sendi pelayanan prima yaitu pembentukan visi dan misi yang diperlukan oleh suatu organisasi di dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, jenis pelayanan yang disediakan pun sudah memenuhi syarat yaitu pelayanan rawat jalan dan rawat inap, mekanisme dan prosedur pelayanan kesehatan yang disediakan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, kesiapan tenaga medis dan paramedis pihak rumah sakit tetap berusaha untuk memenuhi baik dari sisi jumlah maupun tingkat pendidikan, biaya pelayanan yang ada di rumah sakit pun telah diatur dalam peraturan daerah nomor 10 tahun 2004 tentang retribusi pelayanan kesehatan, pemenuhan sarana dan prasarana telah dilakukan dengan pembangunan sarana fisik untuk mendukung pelayanan kesehatan. Dengan melihat dari sendi pelayanan prima yang telah dipenuhi oleh pihak rumah sakit merupakan pemenuhan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang merupakan makna dari pelayanan prima itu sendiri. Saran dari peneliti adalah pihak Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R. Soedjono dalam penyelenggaraan pelayanan prima harus dapat meningkat mutu pelayanan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan atau melampauinya sehingga dapat memenuhi keinginan pelanggan dan harus bisa menciptakan sistem pelayanan yang melibatkan unsur-unsur yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.106 8/IQB/p/041002519
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Nov 2010 10:29
Last Modified: 19 Nov 2010 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157091
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item