Nirmayanti, CandraLya (2013) Health Service in the Community Health Center of Mojoagung. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Satu dari kewajiban suatu negara adalah untuk menyediakan layanan publik terbaik untuk warganya. Karakter layanan publik yang disediakan oleh pemerintah harus mengikuti perkembangan masyarakat yang terus berubah yaitu dinamis. Termasuk salah satu pemberian layanan di bidang kesehatan. Kesehatan adalah hak asasi manusia dasar yang juga tercantum dalam konstitusi 1945. Sementara itu dalam UU No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan juga mengkonfirmasi bahwa negara harus bertanggung jawab dan partai yang berkepentingan tentang pengembangan kesehatan rakyatnya. Negara memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menyediakan fasilitas layanan kesehatan dan layanan publik yang layak untuk masyarakat. Salah satunya adalah meningkatkan layanan kesehatan di tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat. Ini karena sebagai layanan kesehatan tingkat pertama, Pusat Kesehatan Masyarakat harus dapat menyediakan layanan medis dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, masih banyak orang yang kekurangan fungsi pusat kesehatan masyarakat dalam memberikan kesehatan layanan ke munity. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, untuk menggambarkan, dan Untuk menganalisis layanan kesehatan di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif metode. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. NS Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. instrumen penelitian adalah peneliti, pedoman untuk Wawancara, catatan lapangan. Metode analisis data meliputi reduksi EF Data, presentasi data, menarik kesimpulan / verifikasi. Fokus dari penelitian ini, antara lain (1) layanan kesehatan dalam kesehatan masyarakat Pusat Mojoagung: a). Keanggotaan Layanan Kesehatan, B). Jenis kesehatan Layanan, C). Prosedur Layanan Kesehatan, D). Infrastruktur Kesehatan. Melayani. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat layanan kesehatan di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung. Berdasarkan hasil Hasil penelitian yang dapat diperoleh: (1) keseluruhan layanan kesehatan di Pusat kesehatan masyarakat Mojoagung sudah cukup baik. NS Pusat Kesehatan Masyarakat Mojoagung tidak mendikte siapa saja dari masyarakat Memenuhi syarat untuk menerima program bantuan sosial dari pemerintah. NS Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai penyedia layanan kesehatan kepada masyarakat. Pusat Kesehatan Masyarakat Mojoagung tidak dapat meningkat secara sewenang-wenang atau mengurangi jenis layanan yang ada. Secara umum, orang yang memilikinya belum memahami diagram alur layanan kesehatan dalam kesehatan masyarakat Pusat Mojoagung adalah komunitas yang datang ke pusat kesehatan masyarakat mojoagung untuk pertama kalinya. Ada beberapa penggunaan infrastruktur di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung belum sejalan dengan ekspektasi masyarakat. Tetapi tidak ada perbedaan antara orang miskin Pasien dan orang yang tidak mampu membelinya dengan pasien umum. NS perbedaan hanya di akomodasi dan untuk pengguna asuransi kartu tidak menghabiskan uang sama sekali sementara pasien umum harus membayar sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. (2) untuk mendukung Faktor dan faktor penghambat layanan kesehatan dalam kesehatan masyarakat Pusat Mojoagung antara lain: a). Faktor pendukung termasuk manusia Sumber Daya, Infrastruktur dan Pendapatan Pusat Kesehatan Masyarakat Mojoagung, dan lokasi pusat kesehatan masyarakat Mojoagung. B). Faktor penghambat termasuk sumber daya manusia. The Flowchart of Services, diagram alur keluhan dan persyaratan pendaftaran dan Keanggotaan Program Asuransi. Beberapa saran yang diberikan oleh Peneliti dalam Layanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Mojoagung bisa lebih baik, termasuk (1) untuk meningkatkan layanan kesehatan itu sudah cukup baik di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung, the Pusat Kesehatan Masyarakat Mojoagung juga harus memberikan informasi ruang untuk lebih baik memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh semua informasi Layanan di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung. (2) terkait dengan kurangnya cukup dokter di pusat kesehatan masyarakat Mojoagung, koordinasi perlu dilakukan, harus dimulai kembali antara Pusat Kesehatan Masyarakat dan Departemen Kesehatan Jombang Distrik dan evaluasi perlu dilakukan terkait dengan rotasi Pemetaan Penempatan Dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat (3) Akan lebih baik jika penempatan diagram alur layanan pada Depan kantor tiket pendaftaran diletakkan dengan semacam spanduk adalah dibuat dengan ukuran font yang lebih besar sehingga dapat dilihat oleh publik dengan mudah. Begitu juga diagram alur keluhan dan persyaratan Registrasi. (4) itu harus dilakukan bekerja sama dan koordinasi antara aparatur desa dimulai dari aparatur lingkungan / aparatur warga yang harmonis adalah, kepala desa dengan Pusat Kesehatan Masyarakat dalam menentukan keanggotaan Program Asuransi.
English Abstract
One of the obligations of a country is to provide the best public services for its citizens. Character of public services provided by the government should follow the development of the ever-changing society that is dynamic. Including the one granting services in the field of health. Health is a basic human right which is also listed in the Constitution of 1945. Meanwhile in Act No. 23 of 1992 on health also confirmed that the state should be responsible and interested parties on the development of the health of its people. The state had a responsibility and obligation to provide health service facilities and decent public service to the community. One of them is increasing health service in the level of the community health center. This is because as a first-level health service, the community health center should be able to provide the medical services needed by the community. Beside that, there are still many people who underestimatethe function of the community health center in providing health service to the munity. This study aims to discover, to describe, and to analyze health service in the community health center of Mojoagung. This research use descriptive types of research with qualitative approach method. Data sources used are primary data and secondary data; the technique of data collection are using observation, interviews, and documentation; research instruments are the researcher, guidelines for interviews, field notes; data analysis methods include the reduction ef data, data presentation, withdrawing the conclusion/verification. The focus of this study, among others (1) Health service in the Community Health Center of Mojoagung: a). Membership of Health Service, b). Types of Health Service, c). Procedures of Health Service, d). Infrastructures of Health Service. (2) Supporting factors and Inhibiting factors of Health Service in the Community Health Center of Mojoagung. Based on the results of the research results that can be obtained: (1) Overall health service in the community health center of Mojoagung is already good enough. The community health center of Mojoagung doesnt dictate anyone of society is eligible to receive social assistance programs from the government. The community health center as the provider of health services to the community. the community health center of Mojoagung cannot arbitrarily increase or decrease the types of services that exist. In general, people who have yet to understand the flowchart of health services in the community health center of Mojoagung is the community who come to the community health center of Mojoagung for the first time. There is some use of the infrastructure in the community health center of Mojoagung has not been in line with the expectations of the community. But there is no difference between the poor patients and people who cannot afford it with the general patients. The difference is simply in the accommodation and for the user of insurance card does not spend money at all while the general patients must pay in accordance with the provisions already in force. (2) As for supporting factors and inhibiting factors health service in the community health center of Mojoagung among others: a). Supporting factors include human resources, infrastructure and revenue of the community health center of Mojoagung, and the location of the community health center of Mojoagung. b). Inhibiting factors include human resources; the flowchart of services, the flowchart of complaints and the registration requirements and the membership of insurance program. Some advices that given by researcher in health service in the community health center of Mojoagung could be better yet, including (1) To improve health service that was already good enough in the community health center of Mojoagung, the community health center of Mojoagung should also provide the information space in order to be better facilitate the public in obtaining all the information services in the community health center of Mojoagung. (2) Related to the lack of sufficient the doctors in the community health center of Mojoagung, the coordination needs to be done, it should be restarted between the community health center and Department of Health Jombang district and the evaluation needs to be done related to the rotation of the mapping of the placement of doctors in the community health center (3) It will be better if the placement of the flowchart of services on the front of ticket office of registration are put with a sort of banner is made with a larger font size so that it can be seen by the public easily. So does the flowchart of complaints and the requirements of registration. (4) It should needs to be done in cooperation and coordination between the apparatus of village start from the apparatus of neighborhood/the apparatus of harmonious citizens is, the head of village with the community health center in determining the membership of insurance program.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/362.1/NIR/h/041400979 |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 May 2014 09:39 |
Last Modified: | 09 May 2014 09:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157075 |
Actions (login required)
View Item |