Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit

Fitriah, Nurul (2016) Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan waktu tunggu pelayanan obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IFRJ) rumah sakit mendapat komplain terbanyak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa waktu tunggu aktual di IFRJ telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), namun kepuasan waktu tunggu pelayanan obat belum memenuhi SPM. Berdasarkan penelitian terdahulu, diketahui bahwa kepuasan waktu tunggu lebih dipengaruhi oleh komponen subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat berdasarkan komponen subjektif yang terdiri dari percieved waiting time (PWT), kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden adalah penunggu obat di IFRJ rumah sakit dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu secara simultan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat sebesar 65.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari PWT (-0.401), kejelasan informasi waktu tunggu (0.085), dan kepuasan lingkungan tunggu (0.490) terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat. Kontribusi PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, kepuasan lingkungan tunggu, dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat secara simultan terhadap kepuasan pelayanan farmasi sebesar 87.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan lingkungan tunggu (0.363) dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat (0.487) terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini menemukan bahwa kepuasan waktu tunggu pelayanan obat merupakan mediator antara determinannya terhadap kepuasan pelayanan farmasi, selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan lingkungan tunggu merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat dan kepuasan pelayanan farmasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.1/FIT/d/2016/041611447
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jan 2017 10:55
Last Modified: 10 Jan 2017 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157071
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item