Social Entrepreneurship dan Socio-Entrepreneurship: Penelusuran terhadap Konsep dan Realitas

Wiguna, AtuBagus (2014) Social Entrepreneurship dan Socio-Entrepreneurship: Penelusuran terhadap Konsep dan Realitas. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship adalah kajian entrepreneurship menggunakan perspektif ekonomi dan sosial. Beberapa kajian telah berusaha memaknai konsep tersebut namun hingga kini kajian tersebut memiliki makna dan fokus bahasan yang beragam. Selain itu kajian yang telah dilakukan berada pada tataran konsep tanpa ada penjelasan mengenai penerapan konsep dalam realitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) memetakan kriteria-kriteria yang membentuk makna konsep social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship , dan (2) mendeskripsikan potensi penerapan konsep social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship dalam realitas. Bagaimanapun, untuk mengetahui penerapan konsep dibutuhkan model sebagai replika dari realitas yang dapat menunjukan bagaimana konsep tersebut bekerja. Sehingga penulis mengubah tujuan penelitian ke-dua; untuk menggambarkan model social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship dalam realitas. Tujuan pertama penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan literatur dan artikel ilmiah kemudian memetakan kriteria konsep dengan prosedur coding . Selanjutnya melalui proses tersebut, penulis mendapatkan pemahaman bahwa social entrepreneurship memiliki perspektif ekonomi sebagai perspektif utama dan menerapkan perspektif tersebut secara keekonomian, sedangkan perspektif sosial memiliki kedudukan sebagai perspektif pendukung. Disisi lain, socio-entrepreneurship memiliki perspektif sosial sebagai perspektif utama dan menerapkan perspektif tersebut secara sosial, sedangkan perspektif ekonomi memiliki kedudukan sebagai perspektif pendukung. Penulis mengumpulkan data dengan instrumen FGD ( Focus Group Discussion ) pada 6 (enam) pebisnis kemudian dianalisis dengan content analysis untuk menelusuri tujuan penelitian kedua. Penulis mendapatkan bahwa model social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship tergambar oleh sifat, sikap, motif, perspektif, dan persepsi individu dalam hidup. Individu menetapkan model social entrepreneurship dan socio-entrepreneurship berdasarkan kapasitas diri dan dapat menerapkan model tersebut sesuai dengan preferensi diri yang dapat bergeser secara dinamis. Pada penelitian selanjutnya, perluasan elemen model dapat dilakukan dengan melakukan FGD pada beberapa kelompok pebisnis yang berbeda. Selain itu, uji coba model dapat dilakukan pada kelompok bisnis; dimana model social entrepreneurship relevan di terapkan untuk mendorong kemandirian ekonomi sedangkan model socio-entreprenership relevan di terapkan untuk mendorong inisiatif penciptaan nilai.

English Abstract

Social entrepreneurship and socio-entrepreneurship is a study with economic and social perspective. Some study have taking effort to find out the meaning of the concept, however they found different meaning and focus of study. Besides, there is no study which explains how the concepts work in reality. Therefore, this study purposes to (1) map the criteria that construct the meaning of social entrepreneurship and socio-entrepreneurship, and (2) describe the potential of applicability of social entrepreneurship and socio-entrepreneurship in reality. However, a model is needed to explain how the concepts work in reality. So, author change the second purpose; to describe model of social entrepreneurship and socio-entrepreneurship in reality. Author collects scientific literature and article as a data and mapped the concept criteria by coding procedure to inquire the first purpose. After the mapping process, author find that social entrepreneurship has economic as primary perspective and implement it economically; and social perspective presented as secondary perspective. On the other hand, socio-entrepreneurship has social as the primary perspective and implement it socially; and economic perspective presented as the secondary perspective. For the second purpose, author organizes focus group discussion (FGD) to collect the data and analyze it with content analysis. Author found that model of social entrepreneurship and socio-entrepreneurship described by character, attitude, motive, perspective and perception of individuals. They could implemenent the model based on their capacity, however the model could be shifted dynamically based on preference of individual. The model could be widening by organize some FGD within different businessman group. After that, the model could be tested where social entrepreneurship model implemented in a group to support economic independence; and socio-entrepreneurship model implemented in a group to encourage value creation initiative.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/361.765/WIG/s/041407430
Subjects: 300 Social sciences > 361 Social problems and services > 361.7 Private action
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:40
Last Modified: 03 Dec 2014 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157061
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item